Tiga Saat Fajar dan Empat Saat Senja

Oleh: Lie Zi

Di negara Song terdapat seorang pria yang memelihara monyet. Ia menyayangi monyet-monyet itu dan memelihara dalam jumlah banyak.

Ia dapat memahami monyet-monyet itu dan monyet-monyet itu dapat memahami dirinya. Ia mengurangi jumlah makanan untuk keluarganya demi memuaskan kebutuhan monyet-monyet itu.

Beberapa lama kemudian keluarganya tidak memiliki cukup makanan, maka ia ingin membatasi makanan untuk monyet-monyet itu. Namun ia cemas apabila monyet-monyet itu tidak patuh lagi kepadanya. Sebelum melakukan hal itu ia bermain tipu muslihat dengan para monyet itu.

“Jika saya memberi tiga makanan pada pagi hari dan empat pada sore hari, apakah itu cukup?”, tanya pria itu kepada para monyet.

Semua monyet sangat marah.

Setelah beberapa saat dia berkata, “Jika saya memberi kamu empat makanan pada pagi hari dan tiga pada sore hari, apakah itu cukup?”

Semua monyet berbaring di lantai, sangat gembira atas usul sang pria.

Apakah makna dari cerita ini?

20 thoughts on “Tiga Saat Fajar dan Empat Saat Senja

  1. menurut saya, monyet2 itu marah karena mereka hanya mendapatkan 3-lebih sedikit dari 4- sementara mereka ingin makanan yang banyak terlebih dahulu, pada akhirnya mendapatkan 4 lebih dulu (mengorbankan sore hari yang makanannya hanya 3).
    mungkin maksudnya monyet2 itu adalah manusia yang ingin bersenang-senang dahulu, dan sengsara kemudian.
    thx

    -tony-

  2. “Jika saya memberi kamu empat makanan pada sore hari dan tiga pada pagi hari, apakah itu cukup?”

  3. “Makna dari cerita di atas adalah kita harus memberikan bekal(ilmu, maupun modal awal)yang cukup lebih dini, sebab dengan bekal yang cukup tersebut kita bisa bertahan hidup dan dapat memulai aktifitas dengan baik sehingga akhirnya kita dapat memenuhi sendiri kebutuhan hidup kita walaupun jatah kita dikurangi.

  4. Karena kalo pagi di kasi 4 maka mereka bisa makan 3 setengah,dan jika senja dikasi tiga maka ditambah setengah yang tadi pagi, mereka masi bisa makan 3 setengah juga,disinilah ada kesamaan jatah pagi dan senja

  5. mungkin monyet memiliki maksud mereka akan mendapat makanan yang lebih banyak pada pagi tidak pada sore karena ingin banyak dahulu baru sedikit ^-^

  6. manusia serakah seperti monyet, apabila dijatah mereka marah, seolah2 mereka tidak pernah kenyang dengan segala yang ada.

  7. dikasih empat pagi hari berarti makan paginya lebih kenyang sehingga bisa aktivitas lebih bagus. cerita ini banyak makna cuma 1 kalimat, bekali diri sebaik mungkin pada waktu dini hari.

  8. Memberi 3 dulu baru memberi 4 atau sebaliknya, toh jumlahnya tetap 7…itu hanya menunjukkan cara diplomasi yang baik.

    Contoh ada seorang berbuat salah, kemudian Tuannya marah :”Goblok kamu, coba kamu lihat ini salah! sini saya kerjakan” akhirnya pekerjaan itu diselesaikan dengan baik oleh tuannya, tapi tetap saja orang itu marah. Kemudian keesokan harinya anak dari Tuannya yang mengawasi dia bekerja, orang itu melakukan kesalahan lagi, Tuan mudanya tidak segera menegurnya tetapi dengan tersenyum berkata: “coba saya lihat ya, harusnya seperti ini” sambil memperbaiki dan menunjukkannya kepada orang itu. Kemudian sambil berbahak-bahak tertawa dan bertanya,”hayo….coba siapa yang salah…siapa yang goblok hehhehe..”, anak buahnya ikut tertawa terpingkal-pingkal melanjutkan pekerjaan.

    Padahal sama-sama mengucapkan 2 kata yang sama “Goblok” dan “Sini saya yang kerjakan”, hanya saja ketika posisinya dibalik hasilnya berbeda..

  9. monyet minta 4 di pagi hari mungkin untuk memenuhi kebutuhan energi yang lebih banyak di keluarkan dari pagi sampe sore menjelang soalnya pada sore hari dengan memakan porsi 3 pada sore hari sudah ngak terlalu masalah kan tinggal bobok ^^

  10. makna cerita di atas menggambarkan prilaku manusia yang sarat akan ketamakan,selalu mencari sesuatu yang menguntungkan dirinya pribadi terlebih dahulu tanpa mau tau kerugian yang akan diterima dikemudian hari,.seperti monyet2 tadi yang cuma mendngar pagi akan diberi 4 jadi lebih banyak dari tawaran pertama yang cuma dikasih 3,padahal kalo dijumlah hasilnya sama.demikian hal nya dengan keserakahan manusia yang selalu menyebakan kerugian sendri di kelak hari….?

  11. maknanya bahwa makhuk hidup ingin di beri dalam jumlah banyak terlebih dulu.
    soal selanjutnya banyak atau tidaknya urusan belakangan.

  12. Nasihat berharga bagi manusia, sekarang banyak orang sakit karena colestrol tinggi akibat penumpukan lapisan lemak hal ini terjadi karena sebelum tidur atau istirahat kita makan banyak yang sebenarnya tidak diperlukan. Kita hidup perlu energi pada pagi dan siang hari.Apalagi malam hari perut perlu istirahat, menurut saya monyet itu lebih “pinter” dari kita.

  13. 3+4 dan 4+3 hasil,y sama.. Yait 7, jadi penyampain pertama mrka marah krn emang gk ckup, tetapi setelah penyampai,n ke dua, di beri pengertian jadi mengerti la dia.. Krn saling mengerti..

  14. Sebagai pimpinan harus bijaksana dan cerdik.. kadang dengan memutar balik sedikit keadaan walau sumber dayanya tetap maka hasil yang diterima akan lebih bermakna dan jauh lebih berhasil…

    Sebagai Karyawan kadang sulit bisa memahami arti “Banyak” dan arti “Sedikit” …

  15. Kalau serakah, bukan serakah. Itu kebutuhan. Yang digaris bawahi. Tipu muslihat. Arti 4 pagi dan 3 sore?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *