Huang Daopo (黄道婆)

Huang Daopo (黄道婆) adalah penduduk asli Wu Ni Jing di perfektur Song Jiang yang hidup pada masa Dinasti Song dan Dinasti Yuan. Dia adalah seorang ahli tekstil terkenal.

Huang Daopo (黄道婆) terlahir di keluarga miskin dan saat kecil telah dijual sebagai pengantin anak. Karena Huang Daopo (黄道婆) sering mendapat siksaan dari ibu mertua, dia melarikan diri mengikuti Sungai Huangpu dan bersembunyi di sebuah kapal. Kapal tersebut kemudian mendarat di Yazhou, sebuah kota pelabuhan di Pulau Hainan.

Suku Li yang tinggal disana sangat baik dan mengajari Huang Daopo (黄道婆) seni menenun dan memintal. Dengan memadukan teknik dari Suku Han dan Suku Li, Huang Daopo (黄道婆) menjadi penenun terkenal.

Sekitar 23 tahun kemudian, sekitar tahun 1295, Huang Daopo (黄道婆) kembali ke kota kelahirannya membawa keahlian beserta pengalamannya, dan kemudian mengembangkannya.

Dia mengajari perempuan lokal tentang pemintalan kapas dan teknologi tenun, serta pada saat bersamaan Huang Daopo (黄道婆) merevolusi industri tekstil di kota kelahirannya dengan mesin tenun untuk “menggulung, menarik, memintal dan menenun” yang sangat meningkatkan efisiensi, sehingga terjadi peningkatan besar dalam hal mutu dan hasil tekstil.

Song Jiang kemudian berkembang pesat sebagai pusat industri tekstil di Tiongkok dan terkenal di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *