Di Manakah Kaisar Qin Shi Huang Dimakamkan ?

Spread the love

Di Manakah Kaisar Qin Shi Huang dimakamkan?

Hal-hal mengenai Kaisar Qin Shi Huang (Hanzi: 秦始皇, Pinyin: Qín Shǐ Huáng) masih banyak yang berselimut misteri. Salah satunya adalah di manakah sebenarnya Kaisar Qín Shǐ Huáng dimakamkan. Untuk waktu yang lama, terdapat dua dugaan.

Di Makam Mausoleum Qin Shi Huang

Kaisar Qín Shǐ Huáng mulai membangun mausoleumnya begitu dia naik takhta sebagai Raja Zheng dari Negara Qin (Hanzi: 秦王政, Pinyin: Qín Wáng Zhèng). Setelah masa pembangunan yang memakan waktu hampir 40 tahun, akhirnya mausoleum tersebut selesai. Sehingga mausoleum tersebut adalah tempat paling ideal sebagai makam Kaisar Qín Shǐ Huáng. Namun hingga saat ini, Mausoleum Kaisar Qín Shǐ Huáng (Simplified: 秦始皇陵, Traditional: 秦始皇陵, Pinyin: Qín Shǐ Huáng Líng) belum pernah digali.

Ibukota Dinasti Qin adalah Xianyang (Simplified: 咸阳, Traditional: 咸陽, Pinyin: Xiányáng). Dan sudah menjadi tradisi bahwa kaisar harus dimakamkan di dekat ibu kota, sehingga lokasi mausoleum memenuhi tradisi tersebut.

Agar memberikan pengaruh yang baik bagi negara dan keturunannya, sejak jaman kuno mausoleum harus bersandar pada gunung. Dan Mausoleum Kaisar Qín Shǐ Huáng secara ideal terletak di dekat Gunung Li di selatan dan Sungai Wei di utara. Lokasi yang begitu bagus secara Feng Shui dan mewakili keagungan Kaisar Qín Shǐ Huáng.

Di Suatu Tempat Antara Shaqiu dan Xianyang

Kaisar Qín Shǐ Huáng wafat di Shaqiu (Hanzi: 沙丘平台, Pinyin: Shāqiū Píngtái), dan Perdana Menteri Li Si (Hanzi: 李斯, Pinyin: Lǐ Sī) menguburkan Kaisar Qín Shǐ Huáng pada sebuah tempat di Shaqiu. Yang dimakamkan di mausoleum hanya pakaian dan barang-barang Kaisar Qín Shǐ Huáng.

Perdana Menteri Lǐ Sī berkomplot dengan kasim Zhao Gao (Simplified: 赵高, Traditional: 趙高, Pinyin: Zhào Gāo) dan Ying Huhai (Simplified: 嬴胡亥, Traditional: 嬴胡亥, Pinyin: Yíng Húhài), putra bungsu Kaisar Qín Shǐ Huáng, untuk menyembunyikan kabar berita mengenai kematian Kaisar Qín Shǐ Huáng.

Untuk meminimalkan kemungkinan kekacauan politik, Perdana Menteri Lǐ Sī mengubur tubuh Kaisar Qín Shǐ Huáng secara diam-diam di sebuah tempat di Shāqiū.

Kaisar Qín Shǐ Huáng meninggal pada musim panas sehingga tubuhnya cepat membusuk. Perjalanan kembali dari Shāqiū ke Xiányáng memakan waktu sekitar 2 bulan, sehingga kondisi tubuh Kaisar Qín Shǐ Huáng sudah sangat rusak pada saat tiba di Xiányáng. Karena pertimbangan tersebut maka Lǐ Sī menguburkan Kaisar Qín Shǐ Huáng di sebuah tempat rahasia.

Menurut catatan sejarah, Kaisar Qín Shǐ Huáng memiliki tinggi sekitar 1,9 meter, sehingga dibutuhkan peti mati yang lebih besar lagi untuk jenazahnya. Membawa peti jenazah berukuran besar tentu akan menimbulkan banyak kecurigaan.

Meskipun Kaisar Qín Shǐ Huáng memiliki prestasi dalam membangun jaringan jalan, namun tentunya kondisi jalan pada masa itu tidak bisa dibandingkan dengan kenyamanan jalan saat ini. Sehingga sebuah kesulitan tersendiri membawa jenazah Kaisar Qín Shǐ Huáng dari Shāqiū ke Xiányáng.

Masih Menjadi Misteri

Penjelasan-penjelasan diatas adalah dugaan dan alasan-alasan yang dianggap memungkinkan, namun sekali lagi, semua tersebut hanya sebatas dugaan dan analisa, belum terdapat bukti konkret di manakah Kaisar Qín Shǐ Huáng dimakamkan.

Bagaimana menurut Anda ?


Spread the love

2 thoughts on “Di Manakah Kaisar Qin Shi Huang Dimakamkan ?

  1. Konon supaya warga tidak terlalu curiga,
    peti mati Qin Shin Huang dikelilingi ikan mati dan dimasukkan ke gerobak barang. Sehingga bau busuk ikan menutupi bau busuk jenazah.

  2. Sesungguhnya makam Qin Shi Huang sudah ditemukan tapi belum berani dibuka (dibongkar) karena adanya banyak jebakan yang berbahaya. Hal ini diketahui ketika satelit mata mata AS mendeteksi adanya limpahan air raksa di dalam tanah. Semula dikira Tiongkok bangun lab bom atom. Ternyata itu makam Qin Shi Huang berada di pulau kecil dikelilingi danau kecil air raksa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =