Beberapa Jenis Kertas Sembahyang

Spread the love

Kertas Sembahyang, yang dikenal juga sebagai Kertas Emas (Kimcoa) apabila bermotif warna emas dan Kertas Perak (Yincoa) apabila bermotif warna perak.

Kertas Sembahyang secara tradisional terbuat dari kertas bambu kasar, yang terasa buatan tangan dengan banyak variasi dan ketidaksempurnaan. Kertas sembahyang tradisional dipotong menjadi kotak atau persegi panjang individu. Tergantung pada wilayahnya, kertas Joss dapat dihias dengan segel, perangko, potongan kertas kontras, desain ukiran atau motif lainnya.

Kertas Emas Dabai Shoujin (大百壽金)

Kertas Emas Dabai Shoujin (大百壽金)

Kertas Emas Dabai Shoujin (大百壽金) yang secara harafiah berarti: Emas Umur Panjang, berbentuk kotak kertas dan berukuran besar dengan persegi panjang metalik emas dicetak dengan Fu, Lu & Shou. Dipergunakan saat sembahyang kepada Dewa-Dewi.

Kertas Emas Kanjin (刈金)

Kertas Emas Kanjin (刈金)

Kertas Emas Kanjin (刈金) yang secara harafiah berarti: Memotong Emas, adalah kertas berukuran besar berbentuk kotak dengan persegi panjang metalik emas. Dipergunakan saat sembahyang kepada Dewa-Dewi.

Kertas Emas Jiujin (九金)

Kertas Emas Jiujin (九金)

Kertas Emas Jiujin (九金), yang secara harafiah berarti: Sembilan Emas, adalah kertas berukuran besar berbentuk kotak dengan persegi panjang metalik emas dan dicetak dengan bentuk dan karakter miring, populer di Taiwan Selatan, digunakan untuk dipersembahkan kepada tentara spiritual Dewa, persembahan yang lebih umum dalam pemujaan leluhur dan penjaga bumi saat ini.

Kertas Perak Xiaoyin (小銀)

Kertas Perak Xiaoyin (小銀)

Kertas Perak Xiaoyin (小銀), yang secara harafiah memiliki arti: Perak Kecil, adalah kertas berukuran kecil berbentuk kotak dengan persegi panjang metalik perak, dibakar untuk kerabat dekat, leluhur, dan roh.

Kertas Emas Jingyi (經衣)

Kertas Emas Jingyi (經衣)

Kertas Emas Jingyi (經衣), yang secara harafiah memiliki arti: Benang dan Pakaian, adalah jenis kertas dengan gambar barang-barang yang dibutuhkan oleh orang meninggal sebagai “kebutuhan sehari-hari”, seperti pakaian, sepatu, cangkir, dan gunting, tercetak di permukaannya.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.