Bebek Panggang Beijing / Peking

Bebek Panggang Beijing merupakan salah satu hidangan bebek panggang yang terkenal.

Catatan mengenai asal usul hidangan bebek panggang dapat terlihat jejaknya pada masa Dinasti Utara dan Selatan, ketika “memasak bebek” tertera dalam karya sastra.

Beberapa ratus tahun kemudian, Husihui, seorang ahli masak untuk Kaisar Mongol pada masa Dinasti Yuan, menulis mengenai bebek panggang pada bukunya (A.D. 1330), bebek panggang adalah kenikmatan sebuah perjamuan.

Saat ini bebek panggang dibuat dengan bermacam-macam variasi bebek dan cara menghidangkan. Dan Bebek Panggang Beijing bukan satu-satunya hidangan bebek panggang yang ada.

Bebek Panggang biasa dihidangkan bersama tianmianjiang (bumbu manis dari hasil tepung yang difermentasi) dan bawang kecil (atau ketimun).

9 thoughts on “Bebek Panggang Beijing / Peking

  1. mau tanya.. apakah ada cerita tentang asal usul mochi.. (ada yang bilang original milik Jepang tapi saya tidak yakin tuh, soalnya cari tau wikipedia katanya itu makan tradisi orang Hakka.. apakah ada cerita lebih lanjut dari sana??)

  2. Makanan atau minuman apa yg dipandang para Kaisar China yg paling utama dalam kehidupan kekaisaran maupun bagi rakyat jelata ? (Apakah ada perbedaannya ?), terimakasih !
    Catatan : Saya sdh 3 (tiga) kali ke negeri China a.l. Hongkong, Guangzho, Shen Zhen, Kung Ming, Chong Qing, Beijing dll.

  3. Waktu saya berkunnjung ke Kota Chong Qing, saya dijamu dengan makanan yg katanya sangat khas bagi tamu2 terhormat a.l. Ulat Bamboo, Kecebongnya Capung (kalau di Bali dinamakan Blauk / Jubel dan memang enak dan kesukaan saya waktu kecil, namun sekarang sdh punah, tapi di China masih dijadikan masakan yg istimewa !!!

  4. Kemana saya sebaiknya saya berkunjung di China yg sangat unik dan hampir mirip dengan kehidupan dan budaya yg ada di Bali terutama Arsitektur Bangunannya serta sejarah yg terkait dengan kedatangan orang2 China ke Bali !

  5. Masih banyak makanan khas china yang belum di temukan di indonesia, ada baiknya posting juga asal usul arak china.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *