Asal Usul Marga Yin (尹)

Asal Usul Marga Yin (尹)

Nama marga: Yin
Pinyin: Yǐn
Hanzi (Simplified): 尹
Hanzi (Traditional): 尹
Penulisan lain:
– Un
– Wan (Kanton)

Pada masa Tiongkok kuno, anak laki-laki Shao Hao diberi kota Yin (尹) sehingga menjadi Adipati Yin. Keturunannya mengadopsi Yin (尹) sebagai nama marga mereka. Shao Hao adalah seorang raja pada masa Tiongkok kuno.

Pada masa Dinasti Xia terdapat sebuah suku kuat bernama Shang (商) yang memiliki wilayah di Tiongkok tengah. Pada masa pemerintahan Jie (桀) dari Xia, pemimpin suku Shang adalah Zi Taiyi (子太乙).

Jie (桀) adalah seorang yang cakap dan pandai, namun juga tirani. Jie (桀) banyak membangun tempat-tempat mewah dan membuang sumber daya negara untuk kehidupannya yang sangat boros.

Curiga bahwa Zi Taiyi (子太乙) mungkin akan memberontak, maka Jie (桀) menangkap dan memenjarakan Zi Taiyi (子太乙). Tanpa alasan yang jelas, Jie (桀) kemudian membebaskan Zi Taiyi (子太乙).

Tanpa ragu, Zi Taiyi (子太乙) kembali ke wilayah kekuasaannya dan membentuk persekutuan dengan Yi Yin (伊尹), pemimpin suku Xin. Untuk memperluas kekuasaannya, persekutuan tersebut mengambil alih beberapa negara protektorat dari Dinasti Xia.

Zi Taiyi (子太乙), yang kemudian dikenal sebagai Tang (汤) dari Shang, berhasil menggulingkan Dinasti Xia dan mendirikan Dinasti Shang. Zi Taiyi (子太乙) menjadi Raja Cheng Tang (成汤), penguasa pertama dari Dinasti Shang. Cheng Tang (成汤) mengangkat Yi Yin (伊尹) sebagai perdana menteri.

Keturunan Yi Yin (伊尹) mengadopsi Yin (尹) sebagai nama marga mereka.

Pada masa pemerintahan Zhou Xuan Wang (周宣王) dari Dinasti Zhou, seorang hakim terkenal bernama Bo Jifu memegang posisi Yin, yang setara dengan Menteri Pertama, dan mengubah namanya menjadi Yin Jifu.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Yin (尹) adalah:

  • Yin Gengshi (尹更始), sejarawan pada masa Dinasti Han.
  • Yin Zhu (尹洙), penyair pada masa Dinasti Song Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *