Sekilas Tentang Ronde / Tang Yuan (汤圆)

Spread the love

Ronde / Tang Yuan (汤圆)

Ronde / Tang Yuan (汤圆)

Ronde, atau Tang Yuan (Simplified: 汤圆, Traditional: 湯圓) adalah makanan khas Tiongkok yang berbentuk bola-bola. Ronde dibuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan dengan kuah manis. Ukurannya bisa besar atau kecil sesuai keinginan, dan bisa diberi isi atau kosong.

Masyarakat Tionghoa biasa memakan ronde saat perayaan festival Yuán Xiāo Jié (元宵节), atau dikenal juga sebagai festival Cap Go Meh atau Festival Lentera. Sering pula dihidangkan saat acara kumpul keluarga, misalnya pernikahan.

Ronde (Tang Yuan) adalah salah satu makanan khas Tiongkok. Ronde memiliki sejarah yang sangat panjang. Karena bola yang terbuat dari beras ketan ini saat direbus bisa tenggelam dan mengapung, maka asal mula ronde paling awal disebut “Bulatan Mengapung (Fu Yuan Zi)”. Kemudian ada daerah yang mengubah nama “Bulatan Mengapung” menjadi Yuan Xiao. Kebanyakan orang di daerah Tiongkok selatan terbiasa makan bersama keluarga di pagi hari saat Tahun Baru Imlek sambil menikmati ronde. Konon ronde melambangkan Tuan Yuan (Reuni, Berkumpul). Makan ronde memiliki makna di tahun yang baru, keluarga bahagia dan mimpi-mimpi tercapai.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.