Sepasang Dewa Keharmonisan (和) dan Persatuan (合)

Spread the love

Sepasang Dewa Keharmonisan (和) dan Persatuan (合)

He-He Er Xian (和合二仙) adalah sepasang dewa yang memiliki nama Han Shan (寒山) dan Shi De (拾得). Dikenal sebagai “Sepasang Dewa Keharmonisan (和) dan Persatuan (合)”.

Tidak banyak cerita yang diperoleh dari asal-usul mereka. Namun diketahui bahwa mereka berdua adalah seorang pertapa dan penyair yang hidup pada jaman dinasti Tang.

Cerita singkatnya mengatakan bahwa mereka berdua adalah saudara kembar, yang mana suatu ketika mereka berdua mencintai seorang wanita yang sama. Ketika Han Shan mengetahui bahwa saudaranya mencintai wanita yang sama dengan dirinya, maka dengan bermaksud agar tidak mengganggu hubungan dengan saudara kandungnya, Han Shan pergi bertapa ke sebuah gunung. Ketika saudaranya Shi De mengetahui hal ini, diapun meninggalkan wanita tersebut dan mengikuti saudaranya untuk bertapa.

He He Er Xian dianggap sebagai dewa pembawa keharmonisan, baik dalam urusan pernikahan atau hubungan antar manusia. Mereka berdua digambarkan membawa bunga lotus (荷, hé) dan sebuah kotak box (盒, hé). Kedua benda yang mereka pegang inilah yang dimetamorfosiskan dengan nama mereka, yaitu keharmonisan (和 – he) dan persatuan (合 – he).


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.