Liu Zhang (刘璋)

Nama Lengkap: Liu Jiyu
Lahir: A.D. 167
Ayah: Liu Yan

Meneruskan ayahnya, Liu Yan (刘焉), sebagai Gubernur dari Propinsi Yizhou, dan juga merupakan kerabat jauh dari Liu Bei. Dengan adanya kekuatan Zhang Lu yang mendekati Yizhou dan kekuatan yang tidak seimbang antara keduanya. Liu Zhang (刘璋) menuruti nasehat salah satu anak buahnya, Zhang Song, untuk meminta bantuan Liu Bei mempertahankan Xichuan demi mencegah laju tentara Zhang Lu.

Meskipun beberapa anak buahnya menganggap usul tersebut bagaikan mengundang Liu Bei untuk menguasai Xichuan, namun Liu Zhang tetap pada pendiriannya, bahkan Liu Zhang mengadakan pesta penyambutan secara besar-besaran. Liu Zhang tentunya sudah tidak bernyawa jika tidak ada Liu Bei yang mencegah pesta tarian pedang lepas kendali. Pesta tarian pedang yang dibawakan Wei Yan merupakan ide Pang Tong untuk membunuh Liu Zhang dan mengambil alih Xichuan untuk Liu Bei.

Hubungan baik antara Liu Zhang dan Liu Bei tidak berumur panjang, karena Liu Zhang berhasil dipengaruhi oleh kelompok yang menentang Liu Bei, sehingga beranggapan bahwa kedatangan Liu Bei tidak hanya untuk mempertahankan Xichuan, namun ada rencana tersendiri.

Sementara itu, surat dari Zhuge Liang yang berada di Jingzhou memberi tahu Liu Bei bahwa kepulangan istri Liu Bei dapat merupakan awal dari persiapan untuk menyerang Wu. Dengan adanya surat itu, Pang Tong menyarankan Liu Bei meminjam 40.000 tentara dan perbekalan dari Liu Zhang untuk menguji ketulusan hati Liu Zhang. Terbujuk oleh kelompok penentang Liu Bei, Liu Zhang hanya memberikan tentara yang sudah tua, sebanyak 4.000 orang, dan sejumlah kecil perbekalan, jauh dibawah permintaan Liu Bei. Keadaan terdesak memaksa Liu Bei untuk menduduki Terusan Fu demi mengamankan jalan pulang ke Jingzhou.

Kejatuhan Terusan Fu meluruskan jalan Liu Bei untuk menguasai Luocheng. Yang merupakan sebuah tempat strategis antara Chengdu dan pasukan Liu Bei berada saat itu. Liu Zhang memerintahkan Zhang Ren, Liu Gui, Deng Xian dan Leng Bao untuk membantu mempertahankan Luocheng.

Tragisnya, Liu Zhang juga mengirimkan permohonan kepada Zhang Lu untuk membantu mempertahankan diri terhadap Liu Bei.

Jenderal-Jenderal Liu Zhang berhasil menahan Liu Bei di Luocheng, namun kedatangan bantuan dari Jingzhou membuat keadaan berbalik menguntungkan Liu Bei. Ditambah lagi dengan bergabungnya Ma Chao ke pihak Liu Bei membuat keadaan semakin baik bagi Liu Bei. Akhirnya Liu Zhang dapat dipaksa menyerah dan keluar dari Chengdu untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut, meskipun beberapa pengikut Liu Zhang ingin bertahan sampai titik darah penghabisan.

Setelah menyerah, Liu Zhang dikirim oleh Liu Bei ke Nanjun di Jingzhou.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *