Liu Gui Tang (六桂堂) – Gedung Enam Kemenangan

Spread the love

Liu Gui Tang - 六桂堂 (Gedung Enam Kemenangan)

Terdapat tempat terkenal bernama Liu Gui Tang (六桂堂), yang berarti Gedung Enam Kemenangan. Tempat tersebut adalah gedung leluhur yang dipergunakan bersama-sama oleh enam marga, yaitu: Wēng (翁), Hóng (洪), Jiāng (江), Fāng (方), Gōng (龔), dan Wāng (汪).

Bagaimana asal usul enam marga bisa menggunakan satu gedung leluhur yang sama ?

Keenam marga ini berasal dari satu marga, yaitu Weng (翁). Pada masa Lima Dinasti, seorang yang bernama Weng Qiandu (Hanzi: 翁乾度, Pinyin: Wēng Qiándù), mengabdi sebagai tabib Raja Min dari Kerajaan Min. Kerajaan Min kemudian dihancurkan oleh Kerajaan Tang Selatan.

Ketika Kerajaan Min runtuh, Weng Qiandu menyepi, namun karena keadaan sangat tidak stabil dan mengkhawatirkan keselamatan keluarganya, maka Weng Qiandu memberi enam marga yang berbeda kepada enam anak laki-lakinya, yaitu Weng (翁), Hong (洪), Jiang (江), Fang (方), Gong (龔), dan Wang (汪).

Dikemudian hari, keenam anaknya lulus dalam ujian negara, sehingga mereka disebut Enam Kemenangan. Generasi penerusnya menamakan gedung leluhur mereka dengan nama “Gedung Enam Kemenangan”, Liu Gui Tang (六桂堂).


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =