Asal Usul Marga Lu (卢)

Asal Usul Marga Lu (卢)

Nama marga: Lu
Pinyin: Lú
Hanzi (Simplified): 卢
Hanzi (Traditional): 盧
Penulisan lain:
– Lo (Min Nan)
– Lou (Kanton)

Bo Yi (伯益) adalah keturunan kaisar legendaris Yan Di (炎帝). Yan Di (炎帝) adalah kaisar legendaris yang sangat berjasa dalam mengajarkan masyarakat tentang pertanian. Kaisar Yao (尧帝) memerintahkan Bo Yi (伯益) membantu Si Wenming (姒文命) untuk mengendalikan banjir.

Atas jasa-jasanya, Kaisar Yao (尧帝) memberikan anugerah kepada Bo Yi (伯益) sebuah daerah kekuasaan yang terletak diantara dua sungai besar.

Keturunan Bo Yi (伯益) yang bernama Jiang Ziya (姜子牙) adalah panglima perang dari klan Zhou (周) yang dipimpin oleh Ji Fa (姬发). Ji Fa (姬发) menggulingkan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou. Ji Fa (姬发) bergelar Zhou Wu Wang (周武王).

Atas jasa-jasanya, Zhou Wu Wang (周武王) memberikan gelar Hou (侯) kepada Jiang Ziya (姜子牙), dan juga otoritas untuk memerintah daerah yang bernama Ying Qiu (营丘), yang kemudian diubah namanya menjadi Negara Qi (齐国).

Selama masa Musim Semi dan Musim Gugur, Jiang Xiaobai (姜小白) adalah penguasa Negara Qi (齐国) dengan gelar Adipati Huan dari Qi, Qi Huan Gong (齐桓公). Qi Huan Gong (齐桓公) mengangkat Guan Zhong (管仲) sebagai perdana menteri. Guan Zhong (管仲) sukses melakukan reformasi secara menyeluruh sehingga Negara Qi (齐国) menjadi negara yang sangat kuat dan berpengaruh.

Guan Zhong (管仲) memberikan nasehat agar Qi Huan Gong (齐桓公) membagi Negara Qi (齐国) menjadi dua puluh daerah besar (大乡村). Dan hanya penguasa negara yang memiliki wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan pemimpin masing-masing daerah tersebut.

Qi Huan Gong (齐桓公) menunjuk salah seorang sanak saudaranya yang bernama Jiang Gaoxi (姜高傒) sebagai pemimpin daerah yang bernama Lu Da Cun (卢大村). Sehingga Jiang Gaoxi (姜高傒) dikenal juga sebagai Lu Xi Da Cun Chang (卢傒大村长).

Setelah Jiang Gaoxi (姜高傒) meninggal dunia, gelar Lu Cun Chang (卢村长) diwariskan kepada anak laki-laki tertuanya. Beberapa keturunan Jiang Gaoxi (姜高傒) mengadopsi Lu (卢) sebagai nama marga mereka.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Lu (卢) adalah:

  • Lu Lun (卢纶), penyair pada masa Dinasti Tang.
  • Lu Wan (卢绾), jenderal pada masa Dinasti Han yang mengabdi kepada Liu Bang (刘邦).
  • Lu Sidao (卢思道), penyair pada masa Dinasti Sui.
  • Lu Chengqing (卢承庆), pejabat tinggi pada masa Dinasti Tang.
  • Lu Zhi (卢挚), penulis terkenal pada masa Dinasti Yuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *