Sun Quan (孙权)

Raja dari Kerajaan Wu

Nama Lengkap: Sun Zoumou
Lahir: A.D. 182
Meninggal: A.D. 252
Ayah: Sun Jian
Saudara: Sun Ce (A.D. 175), Sun Yi (A.D. 184), Sun Kuang (A.D. 186), Sun Lang (A.D. 187)
Anak: Sun Deng (A.D. 209), Sun He (A.D. 224), Sun Xiu (A.D. 235), Sun Liang (A.D. 243)
Cucu: Sun Hao (anak Sun He)

Dapat dianggap sebagai orang yang sangat beruntung. Pada usia yang masih muda, Sun Quan (孙权) menerima takhta Kerajaan Wu dari sang kakak, Sun Ce.

Muda dan tidak memiliki pengalaman, dia mengikuti petunjuk yang diberikan oleh sang kakak. Untuk urusan dalam negeri meminta nasehat Zhang Zhao, dan untuk urusan luar negeri meminta nasehat Zhou Yu. Dengan nasehat dan bimbingan kedua orang tersebut, Sun Quan berjaya mengelola daerah kekuasaannya dan berusaha memperluas.

Sun Quan menginginkan daerah Jingzhou yang berada dalam kekuasaan Liu Biao. Penyerangan dilakukan terhadap Jiangxia dan Xiakuo yang dijaga oleh Huang Zu, salah seorang jenderal perang Liu Biao. Tentara Sun Quan mendapatkan kemenangan.

Kemudian pada saat Cao Cao berusaha menguasai daerah selatan dan membawa tentara yang besar, Sun Quan dihadapkan kepada dua pilihan, apakah dia menerima ajakan Cao Cao untuk menghilangkan Liu Bei atau menerima ajakan Liu Bei untuk melawan Cao Cao.

Diberi nasehat oleh Zhou Yu, Sun Quan menerima ajakan Liu Bei untuk bersama-sama melawan Cao Cao. Kedua kekuatan yang bermusuhan menempati posisi yang berseberangan pada kedua sisi Sungai Yangtze di Chibi. Peperangan besar tersebut memberikan kekalahan bagi pihak Cao Cao. Kemenangan Kerajaan Wu dalam peperangan ini memberikan hasil yang besar dikemudian hari untuk mempertahankan Kerajaan Wu dari serangan Kerajaan Wei dengan menggunakan Sungai Yangtze sebagai garis pertahanan alam yang sangat menguntungkan bagi Kerajaan Wu.

Penyerangan terhadap wilayah kekuasaan Cao Cao melalui Hefei tidak membawa hasil. Pada kenyataannya, baik pihak Kerajaan Wu atau Wei tidak berhasil meletakkan landasan yang kuat di seberang sisi dari Sungai Yangtze.

Sun Quan memiliki sebuah keinginan utama untuk menguasai Jingzhou dari Liu Bei, yang akhirnya berhasil dilaksanakan setelah bekerja sama dengan Kerajaan Wei. Jingzhou jatuh dan Guan Yu tertangkap. Tidak ada yang mengira bahwa hukuman mati yang dikenakan terhadap Guan Yu membawa kemarahan besar bagi Liu Bei (Kerajaan Shu).

Kerajaan Wu hampir berpindah tangan karena serangan gencar dari Kerajaan Shu, beruntung pada saat terakhir Sun Quan mengangkat Lu Xun sebagai Panglima Perang. Sekali lagi Sun Quan dihimbau untuk bekerja sama dengan Kerajaan Shu demi melawan Kerajaan Wei. Kerja sama dengan Kerajaan Shu bertahan lama hingga kejatuhan Kerajaan Wu ke tangan Kerajaan Wei.

8 thoughts on “Sun Quan (孙权)

  1. Pingback: Tionghoa » Sun Jian

  2. Pingback: Budaya dan Tradisi Tionghoa » Hefei

  3. Pingback: Tionghoa » Nyonya Sun » Budaya, Tradisi dan Sejarah

  4. Pingback: Tionghoa » Zhou Yu » Budaya, Tradisi dan Sejarah

  5. Saya suka sekali membaca kisah tentang samkok. Sayang sekali fondasi Wu yang telah dibangun dengan susah payah akhirnya hancur ditangan kaisar Sun Hao dan dimulailah era baru dengan dinasti Jin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *