Pertempuran Hefei (合肥之战)

Spread the love

Pertempuran Hefei (Simplified: 合肥之战, Traditional: 合肥之戰) terjadi antara Cao Cao dengan Sun Quan.

Lokasi penting yang berada di bagian utara dari propinsi Yangzhou. Dengan menggenggam kemenangan di Chibi, Sun Quan memimpin tentara menyerang Hefei. Para jenderal yang mempertahankan Hefei adalah jenderal-jenderal terpercaya Cao Cao. Mereka adalah Zhang Liao, Li Dian dan Yue Jin. Bertiga mereka berhasil menghalangi Sun Quan untuk menguasai Hefei.

Serangan kedua terhadap Hefei adalah saat Zhuge Liang mengusulkan pertukaran Jiangxia, Guiyang dan Changsha untuk membawa Kerajaan Wu berperang melawan Cao Cao sehingga Cao Cao menarik tentara dari Hanzhong. Dengan melakukan hal tersebut, Zhuge Liang akan mendapatkan waktu untuk memperkuat pasukan dan perbekalan di Xichuan, yang baru saja dikuasai, dan memperoleh dukungan rakyat Xichuan.

Meskipun jumlah tentara tidak seimbang dan menurut pertimbangan umum sebaiknya bertahan sampai datangnya bala bantuan. Cao Cao memerintahkan Zhang Liao untuk maju bertempur, daripada hanya bertahan. Zhang Liao dan Li Dian menyerang tentara Wu sedangkan Yue Jin melindungi benteng, Hefei.

Hasil yang didapat sangat gemilang. Sun Quan berhasil dikalahkan.


Spread the love

0 thoughts on “Pertempuran Hefei (合肥之战)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 20 =