Makan Kue Bulan

Kue BulanPada masa Dinasti Yuan, rakyat Han pada saat itu menentang pemerintahan Mongol dari Dinasti Yuan, dan para pemberontak, dipimpin oleh Zhu Yuanzhang (朱元璋), merencanakan untuk mengambil alih pemerintahan. Zhu Yuanzhang (朱元璋) bingung memikirkan bagaimana cara menyatukan rakyat untuk memberontak pada hari yang sama tanpa diketahui oleh pemerintah Mongol.

Salah seorang penasehat terpercayanya akhirnya menemukan sebuah ide. Sebuah berita disebarkan bahwa akan ada bencana besar yang akan menimpa negeri Tiongkok dan hanya dengan memakan kue bulan yang dibagikan oleh para pemberontak dapat mencegah bencana tersebut. Kue bulan tersebut hanya dibagikan kepada rakyat Han, yang akan menemukan pesan “Revolusi pada tanggal lima belas bulan delapan” pada saat membukanya.

Karena pemberitahuan itu, rakyat bersama-sama melakukan aksi pada tanggal yang ditentukan untuk menggulingkan Dinasti Yuan. Dan sejak saat itu kue bulan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Perayaan Pertengahan Musim Gugur.

6 thoughts on “Makan Kue Bulan

  1. hhmmhmm..
    paling senang kalo merayakan makan kue bulan bersama keluarga
    saat saat yang ditunggu…
    apalagi keluarga besar saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *