Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (太上老君)

Spread the love

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (太上老君)

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (太上老君)

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (太上老君)
Ditulis juga berdasarkan dialek: Thay Shang Lauw Cin.

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun adalah Dewa Tertinggi dari semua Dewa-Dewi yang ada dalam agama Tao. Hari besarnya adalah tanggal 15 bulan 5 Imlek.

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun pernah tiga kali turun ke bumi, pertama sebagai Ban Ku Shi, kedua turun lagi sebagai Huang Di (Simplified: 黄帝, Traditional: 黃帝), dan ketiga turun kembali sebagai Lao Zi (老子).

Dalam agama Tao, Lao Zi lebih dikenal sebagai Nabi Agama Tao yang utama, dimana Nabi Lao Zi (老子) menulis Kitab Suci Agama Tao dengan judul Dao De Jing (道德經).

Walaupun Nabi Lao Zi (老子) yang mengajarkan ajaran Agama Tao, namun ajaran Tao pertama kali disebut sebagai agama oleh Zhang Dao Ling (Simplified: 张道陵, Traditional: 张道陵), pada zaman Dinasti Han Timur.

Karena itu secara singkat sejarah Agama Tao diyakini berasal dari Huang Di (Simplified: 黄帝, Traditional: 黃帝), dikembangkan oleh Lao Zi dan terorganisasi menjadi sebuah institusi keagamaan yang lengkap oleh Zhang Dao Ling.

Perayaan hari kebesaran Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (太上老君) tanggal 15 bulan 5 Imlek.

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (太上老君)

Maha Dewa Tai Shang Lao Jun (太上老君)

Tai Shang Lao Jun (太上老君) merupakan Xian Tian Shen Xian (Sebelum Langit), dimana sebelum dunia dan alam semesta ini terbentuk telah ada bentuk kesadaran-kesadaran atau kekuatan-kekuatan yang Maha Agung dan Sempurna. Golongan ini telah ada sebelum alam semesta dan alam kehidupan ini terbentuk.

Sejatinya, Tai Shang Lao Jun (太上老君) harus dimengerti dari maknanya, bukan dipandang sebagai suatu bentuk ego/individu.
Tai (太): Agung
Shang (上): Tinggi
Lao (老): Tua
Jun (君): Mulia

Dalam salah satu doa agama Tao, yaitu “Shan Siang Can” dipertegas dalam bait doa sebagai berikut:

Ce Sing Kwee Ming, artinya “Hormat Segenap Jiwa”
Tai Sang Wu Ji = “Maha Besar / Agung Kekosongan (Wu Ji)”
Yuan Se Thian Jun = “Paling awal-awal dari segala awal, tidak pernah diciptakan ada dengan sendirinya, tiada akhir-sempurna abadi adanya (Cen Shan Mei)”
Tao Ciao Ce Cuen = “Junjungan tertinggi umat Tao”

“Tiada / Kosong” (Wu Ji) merupakan hakekat dari Tao, “Ada” merupakan fungsi dan manifestasi dari Tao.

Dari Gong (kekosongan/hakekat dari Tao), Wu Ji, Wu Ji menciptakan Tai Ji (Yin Yang), kemudian menjadi segalanya mengisi alam semesta…..

Jadi sebelum alam ini tercipta telah ada sesuatu kekuatan Maha Agung, Maha Mulia, paling tua (awal) yang disebut Tai Shang Lao Jun (太上老君), dimana alam semesta ini pun tercipta atas manifestasi dari keAgungannya.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.