Henan Bangzi

Opera Yu, dikenal juga dengan nama Opera Henan Bangzi atau Nyanyian Tinggi Henan, adalah sebuah opera daerah yang terkenal di Propinsi Henan dan di seluruh negeri Tiongkok.

Terdapat empat gaya dalam Opera Yu. Dan semuanya memiliki ciri dengan nyanyian yang menuntut, irama kuat dan banyak bercakap. Juga terkenal karena penampilan yang langsung pada sasaran dan kental akan cita rasa daerah.

Beberapa jalan cerita yang terkenal adalah:

  • Pernikahan yang direncanakan (Qin Xuemei)
    Selama masa Dinasti Ming, Qin Xuemei dan Shang Lin telah dijodohkan sejak kecil. Kemudian ketika keluarga Shang dihukum oleh pejabat yang kejam, dia bernaung pada keluarga Qin. Namun ayah Qin Xuemei tidak lagi menyetujui anak perempuannya menikah dan mengusir Shang. Ketika Shang kembali ke rumahnya, dia jatuh sakit dan tidak lama kemudian meninggal. Dipenuhi dengan kesedihan dan melawan kehendak sang ayah, Qin Xuemei pergi ke rumah keluarga Shang untuk mengikuti acara pemakaman.
  • Hakim yang cerdik (Tang Zhixian Shen Gao Ming)
    Yan Song adalah seorang perdana menteri pada masa Dinasti Ming. Saudara perempuannya yang angkuh, yang mendapat gelar kebangsaan, membujuk anaknya, Chen Xiniu, untuk menangkap Lin Xiuying, seorang perempuan tempatan. Seorang lelaki pemberani membela Lin, namun pada pertempuran Chen Xiniu secara tidak sengaja membunuh lelaki tersebut. Dalam ketakutannya, ibu Cheng menyuruh anak buahnya membunuh ayah Lin. Hanya hakim Tang yang berani menyelidiki kasus ini dan dengan cerdik berhasil mendapatkan semua kebenaran yang tersembunyi.
  • Desa Chaoyanggou (Chaoyanggou)
    Yinhuan, seorang lulusan sekolah tinggi, datang ke desa tempat tinggal tunangannya, Chaoyanggou, untuk mengambil bagian dalam pertanian. Bertemu banyak kesukaran, dia hanya memiliki dua pilihan, yaitu tetap tinggal di desa terbelakang tersebut atau kembali ke kota demi kehidupan yang lebih nyaman. Melalui anak buahnya, dia kemudian mulai memahami rakyat desa tersebut dan memutuskan mengabdikan dirinya bagi pembangunan desa.
  • Wanita masa kini (Fuliu Nuren)
    Pada masa reformasi ekonomi pada sekitar tahun A.D. 1980, Yang Hua, seorang janda yang cantik, memutuskan untuk membuka pabrik pakaian di sebuah desa. Namun rakyat pedesaan tidak menyukai rencana tersebut. Ayah mertuanya dan beberapa berandalan menentang dirinya, namun Yang Hua tidak menyerah. Pabrik dibuka dan akhirnya dapat memberikan kemajuan bagi desa tersebut.
  • Sarjana romantis (Fengliu Caizi)
    Menceritakan kisah cinta yang romantis antara Tang Bohu dan Qiu Xiang. Tang adalah seorang sarjana romantis yang diidamkan oleh banyak wanita cantik. Dia menolak semua, termasuk kemenakannya yang cantik, Feng Yulan, dan berasal dari keluarga kaya. Pada satu hari pada musim semi, Tang sedang berjalan-jalan di Bukit Huqiu, Suzhou, dan bertemu dengan Qiu Xiang, seorang pembantu pada sebuah keluarga pejabat tinggi. Tang langsung jatuh cinta pada Qiu pada pandangan pertama. Mengabaikan semua kesempatan di depan mata untuk menduduki jabatan pemerintahan yang tinggi dan tidak menghiraukan pandangan dari semua orang, Tang berpura-pura menjadi pembantu untuk mendekati Qiu Xiang. Setelah mengalami banyak rintangan, akhirnya Tang bisa bersama Qui Xiang.

3 thoughts on “Henan Bangzi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *