Dewi Kelahiran dan Perawatan Anak Zhu Sheng Niang Niang (注 生 娘娘)

Spread the love

Dewi Kelahiran dan Perawatan Anak Zhu Sheng Niang Niang (注 生 娘娘)

Dewi Kelahiran dan Perawatan Anak Zhu Sheng Niang Niang (注 生 娘娘)

Dewi Kelahiran dan Perawatan Anak
Dewi Zhu Sheng Niang Niang
注生娘娘

Dewi Kelahiran Anak atau Zhu Sheng Niang Niang dikenal juga sebagai Dewi Kesuburan. Beliau banyak disembah oleh masyarakat Hokkien dan Teochew. Hari kemuliaan Nya dirayakan pada hari ke-20 bulan ke-3 Imlek.

Disebutkan dalam Dinasti Ming, Keagungan Para Dewa (封神榜), Dewi Zhu Sheng Niang Niang bertanggung jawab atas kehamilan, melahirkan bayi, perlindungan ibu dan anak. Beliau memegang sebuah buku dan kuas tulis yang mencerminkan praktek masyarakat Tiongkok menuliskan nama anak yang baru lahir dalam catatan silsilah keluarga.

Banyak kuil dan kelenteng memiliki patung sosok Dewi Zhu Sheng Niang Niang yang didedikasikan untuk Beliau. Umat yang berharap memiliki anak, berdoa da memohon bantuan kepada Dewi Zhu Sheng Niang Niang agar segera hamil diberikan keturunan yang baik, anak yang sempurna jiwa raganya, serta lancar dan selamat saat persalinan.

Pada zaman kuno, ketika pengetahuan dan teknologi reproduksi yang terbatas, pasangan yang ingin memiliki anak hanya bisa berdoa kepada Dewi untuk diberkati. Demikian pula, ketika masalah kesehatan sangat mendasar, melahirkan bisa berbahaya bagi ibu dan anak dan lagi orang hanya dapat memohon bantuan kepada Dewi Zhu Sheng Niang Niang.

Ilmu kedokteran saat ini telah berkembang pesat untuk menjamin keselamatan ibu dan anak selama kehamilan dan persalinan. Tetapi itu tidak membatasi peran Dewi Zhu Sheng Niang Niang. Apa yang telah berubah adalah sifat bantuan tetapi pada dasarnya masih bergulir masalah yang sama, yaitu untuk hamil dan melahirkan anak, serta mohon keturunan yang baik bagi keluarganya.

Ilmu kedokteran meskipun kemajuannya sangat pesat masih memiliki keterbatasan. Pengobatan in-vitro (bayi tabung) misalnya dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan tetapi tidak bisa menjanjikan konsepsi pasti berhasil hamil. Banyak wanita berdoa kepada Dewi Zhu Sheng Niang Niang selama perawatan in-vitro mereka. In-Vitro atau tidak, banyak wanita terus berdoa kepada Dewi Zhu Sheng Niang Niang mohon berkah baginya untuk hamil anak yang baik, sehat dan sempurna fisik dan jiwanya serta persalinan yang aman.

Penelitian medis telah menemukan hubungan yang kompleks antara pikiran dan tubuh. Berdoa kepada Dewi Zhu Sheng Niang Niang sangat membantu harapan dan keyakinan yang besar dalam diri umat wanita untuk bisa hamil, karena itu memiliki dasar ilmiah dalam meningkatkan peluang kehamilan.

Baik itu ilmu pengetahuan atau keimanan, Dewi Zhu Sheng Niang Niang berkaitan dengan aspirasi perempuan untuk memiliki anak dan untuk dapat merasakan kepuasan menjadi seorang ibu, untuk peduli, mencintai dan merawat anak mereka.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − five =