Asal Usul Marga Tang (唐)

Asal Usul Marga Tang (唐)

Nama marga: Tang
Pinyin: Táng
Hanzi (Simplified): 唐
Hanzi (Traditional): 唐
Penulisan lain:
– Tng (Hokkian & Teochiu)
– Tong (Kanton)

Fang Xun (放勋) adalah seorang yang baik hati, rajin, berani, dan bijak. Fang Xun (放勋) kemudian terpilih sebagai pemimpin suku-suku Tiongkok kuno, dan dikenal sebagai Kaisar Yao (尧帝).

Kaisar Yao (尧帝) digantikan oleh Kaisar Shun (舜帝). Kaisar Shun mengangkat Dan Zhu (丹朱), keturunan Kaisar Yao (尧帝), untuk memerintah sebuah daerah bernama Tang (唐), yang kemudian menjadi Negara Tang (唐国). Kaisar Shun juga memberikan anugerah gelar Hou (侯), sehingga Dan Zhu (丹朱) dikenal juga sebagai Tang Hou (唐侯). Keturunan Dan Zhu (丹朱) terus memerintah Negara Tang (唐国) selama masa Dinasti Xia dan Dinasti Shang, serta mengadopsi Tang (唐) sebagai nama marga.

Ji Fa (姬发) menggulingkan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou. Ji Fa (姬发) bergelar Zhou Wu Wang (周武王).

Setelah Zhou Wu Wang (周武王) meninggal dunia, putra Zhou Wu Wang (周武王) yang bernama Ji Song (姬诵) naik takhta sebagai Zhou Cheng Wang (周成王).

Dikarenakan Zhou Cheng Wang (周成王) masih terlalu muda, maka Ji Dan (姬旦) bertindak sebagai wali. Ji Dan (姬旦) adalah paman dari Zhou Cheng Wang (周成王) dan dikenal sebagai Adipati Zhou, Zhou Gong (周公).

Suatu hari, Zhou Cheng Wang (周成王) sedang bermain dengan saudara laki-lakinya yang bernama Ji Yu (姬虞), yang dikenal juga sebagai Shuyu (叔虞) atau Pangeran Yu. Zhou Cheng Wang (周成王) memungut Daun Tong dan memotongnya menjadi bentuk memanjang seperti lembaran giok yang dipegang oleh penguasa dalam upacara tertentu. Dan Zhou Cheng Wang (周成王) berkata, “Dengan ini saya mengangkatmu menjadi penguasa feodal”. Pangeran Yu menerima daun tersebut dan memberitahu Adipati Zhou (周公). Adipati Zhou (周公) berpikir bahwa apa yang dikatakan Zhou Cheng Wang (周成王) tidak boleh diabaikan karena Zhou Cheng Wang (周成王) adalah penguasa.

Adipati Zhou (周公) kemudian bertanya kepada Zhou Cheng Wang (周成王) apakah berita tersebut benar adanya. Zhou Cheng Wang (周成王) berkata bahwa dia hanya becanda dengan Pangeran Yu. Adipati Zhou (周公) menjawab bahwa seorang penguasa harus memegang kata-katanya.

Zhou Cheng Wang (周成王) kemudian memberikan Negara Tang (唐国) kepada Pangeran Yu. Sehingga Pangeran Yu dikenal sebagai Tang Shuyu (唐叔虞). Keturunan Tang Shuyu (唐叔虞) mengadopsi Tang (唐) sebagai nama marga.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Tang (唐) adalah:

  • Tang Jian (唐俭), perdana menteri pada masa Dinasti Tang.
  • Tang Yin (唐寅), yang dikenal sebagai Tang Bohu (唐伯虎), seniman pada masa Dinasti Ming.
  • Tang Zhen (唐甄), pendidik dan filsuf pada masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing.

One thought on “Asal Usul Marga Tang (唐)

  1. Maaf nanya min, nenek buyut saya asli cina dengan marga Tong. Yg menikab dengan pribumi asli jawa. Dalam prosesnya anak2 beliau ada yg kembali menikah dengan chines ada jg yg asimilasi dengan pribumi. Kebetulan, nenek saya yg salah satu anak dr buyut Tong menikah dengan suku jawa. Yg melahirkan ayah saya, di teruskan menikah dengan ibu saya yg asli jawa. Pertanyaanya? Apakah dalam darah saya masih ada dan masih bisa bergekar dengan narga TOng? Sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *