Zhang Tian Shi (张天师) / Zhang Dao Ling (张道陵)

Spread the love

Zhang Ling (Simplified: 张陵, Traditional: 張陵), nama kesopanan Fuhan (Simplified: 辅汉, Traditional: 輔漢), adalah seorang tokoh terkenal pada masa Dinasti Han Timur yang merupakan pendiri aliran Tao Jalan Surgawi. Beliau adalah keturunan ke-8 dari Zhang Liang (張良), seorang ahli siasat perang pada awal Dinasti Han (漢朝).

Ia juga dikenal sebagai Zhang Daoling (Simplified: 张道陵, Traditional: 张道陵), Hokkian: Chang Tao-ling, Master Surgawi Zhang (张天师, Zhāng Tiānshī), Master Surgawi Leluhur (祖天师, Zǔtiānshī) atau Zhengyi Zhenren (正一真人). Zhang Dao Ling terkadang digambarkan sedang menunggangi harimau. Di beberapa sekte Tao, Zhang Dao Ling, bersama dengan Ge Xuan, Xu Xun (许逊) dan Sa Shoujian (萨守坚), disebut Empat Guru Surgawi (四大天).

Zhang Tian Shi (张天师) / Zhang Dao Ling (张道陵) Menunggangi Harimau

Zhang Tian Shi (张天师) / Zhang Dao Ling (张道陵) Menunggangi Harimau

Zhang Dao Ling dilahirkan tahun 35 Masehi, pada masa pemerintahan Kaisar Guang Wu (光武帝) dari Dinasti Han, di Tian Mu Shan (天目山), propinsi Zhejiang (浙江). Dalam usia yang sangat belia, Beliau telah berhasil memahami isi buku Dao De Jing (道德經) tulisan Lao Zi (老子). Beberapa kali Beliau menolak panggilan pihak penguasa untuk menjadi pejabat kerajaan, seluruh perhatiannya dicurahkan pada pelajaran Xiu Dao.

Kemudian Beliau tinggal di Pegunungan Heming Shan (和名山) di propinsi Sichuan (四川), Tiongkok Barat Daya dan mendalami Dao (道) disana sambil mempelajari cara membuat obat panjang umur.

Pada suatu hari saat Beliau membuat obat panjang umur Long Hu Dan (龍虎丹), sesosok Shen Xian datang menghampiri dan memintanya pergi ke Gunung Song Shan (嵩山), di propinsi Henan (河南). Didalam sebuah gua batu, Beliau menemukan kitab-kitab kuno peninggalan Tiga Kaisar (三皇,San Huang) dan persembayangan peninggalan Kaisar Huang Di (黃帝).

Zhang Tian Shi (张天师) / Zhang Dao Ling (张道陵) Menunggangi Harimau (Oleh: E. T. C. Werner)

Zhang Tian Shi (张天师) / Zhang Dao Ling (张道陵) Menunggangi Harimau (Oleh: E. T. C. Werner)

Setelah mempelajari isi kitab-kitab kuno itu, Beliau mendapat kemampuan melayang tinggi dan mempunyai pendengaran sampai ke tempat jauh, lebih dari itu sukma Beliau juga dapat keluar dari raganya. Beliau lalu menunaikan tugas yang diberikan oleh Penguasa Langit melalui sesosok Shen Xian untuk menaklukkan para siluman.

Kemudian Tai Shang Lao Jun (太上老君) memintanya pergi ke Gunung Qing Cheng Shan (青城山) dengan dibekali berbagai pusaka wasiat untuk menaklukkan 6 orang raja siluman yang kerap meneror rakyat. Para siluman itu berhasil ditundukkan dan ditaklukkannya, dan mereka minta ampun dan berjanji tidak akan mengganggu rakyat lagi.

Karena jasa-jasanya itu Beliau mendapat gelar Tian Shi (天師) dan diangkat ke kahyangan. Disana tugasnya mewakili Tai Shang Lao Jun (太上老君) menerima para Shen Xian yang menghadap. Beliau juga bertugas mengawasi upacara-upacara sembahyang yang dilakukan pada saat pendirian atau pemugaran Kuil Dao atau kelenteng.

Zhang Tao Ling memang dianggap sebagai pendiri dari Dao Jiao (道教), agama Dao (道) yang berdasarkan filsafat Tao. Keahliannya membuat obat-obatan panjang umur yang diperolehnya dari buku-buku kuno, dan menciptakan berbagai Hu (Fu) untuk menolak berbagai macam penyakit dan bencana, telah menempatkan Zhang Dao Ling pada kedudukan yang tinggi sekali di mata para penerusnya. Sejak itulah penganut Tao mulai menjalankan praktik pengobatan dan mampu menghalau iblis.

Beliau dilukiskan dengan jubah yang indah, membawa pedang di tangan kanan, sedangkan tangan kirinya membawa mangkok yang berisi ramuan panjang umur dan menunggang harimau. Harimau itu satu kaki depannya nampak mengcengkram medali wasiat dan kaki-kaki lainnya menginjak lima binatang berbisa, seperti kadal, ular, laba-laba, katak dan belalang.

Gambar-gambar Beliau pada umumnya ditempatkan pada dinding rumah atau pintu depan, pada tanggal 15 bulan 5 Imlek, untuk menolak bencana dan wabah penyakit. Nama Tian Shi yang berarti Guru dari Langit, yang kemudian melekat padanya, selanjutnya berlaku turun-menurun bagi keturunannya. Mereka menempati Gunung Long Hu Shan (龍虎山) di propinsi Jiangxi (江西). Hari besarnya adalah tanggal 23 bulan 6 Imlek.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − eleven =