Tao Qian (陶谦)

Nama Lengkap: Tao Gongzu
Lahir: A.D. 132
Meninggal: A.D. 194

Gubernur dari Propinsi Xuzhou dan juga merupakan salah satu panglima perang yang tergabung dalam pasukan gabungan untuk menumpas Dong Zhuo. Dia menyebabkan kemarahan Cao Cao ketika salah seorang anak buahnya, Zhang Kai, membunuh ayah Cao Cao, Cao Song, dan para anggota keluarga lainnya. Tao Qian (陶谦) tidak pernah membayangkan bahwa bantuan untuk mengawal ayah Cao Cao melintasi Xuzhou demi mendapatkan perhatian Cao Cao, membawa bencana besar bagi dirinya dan penduduk Xuzhou.

Tidak mampu melawan kekuatan dari tentara Cao Cao yang secara membabi buta memeriksa penduduk Propinsi Xuzhou untuk membalas dendam kematian Cao Song, Tao Qian meminta bantuan dari para panglima perang lainnya. Tidak ada seorang panglima perang yang berani menantang kekuatan Cao Cao, terkecuali Liu Bei dan Kong Rong.

Dengan tentara bantuan dari Gongsun Zan dan Kong Rong, Liu Bei beserta dua saudaranya, Guan Yu dan Zhang Fei, membawa pasukan untuk membantu Tao Qian melawan Cao Cao. Meskipun hanya memiliki tentara dalam jumlah kecil, Liu Bei berkeinginan untuk menghentikan pertumpahan darah di Xuzhou, yang mendapatkan pujian dan penghargaan dari Tao Qian dengan memberikan Xuzhou kepada Liu Bei.

Karena tidak ingin disalah artikan bahwa bantuan untuk menolong Xuzhuo memiliki tujuan tersendiri bagi Liu Bei, Liu Bei dan dua orang saudaranya menolak hadiah yang diberikan. Karena Tao Qian tidak berhasil membujuk Liu Bei untuk mengambil alih kekuasaan di Xuzhuo dari tangannya, Tao Qian menghimbau agar Liu Bei menempati posisi di Xiaopei untuk sementara waktu demi mencegah serangan yang mungkin terjadi.

Karena usia tua dan sakit, Tao Qian meninggal tidak lama kemudian. Dengan kepergian Tao Qian, Liu Bei mengambil alih pemerintahan di Xuzhuo.

One thought on “Tao Qian (陶谦)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *