Lü Buwei (呂不韋)

Spread the love

Lü Buwei (呂不韋)

Lü Buwei (呂不韋)

Lü Buwei (Simplified: 吕不韦, Traditional: 呂不韋, Pinyin: Lǚ Bùwéi) adalah seorang pedagang kaya dan negarawan pada Negara Qin (Simplified: 秦国, Traditional: 秦國, Pinyin: Qín Guó) yang berasal dari Negara Wei (Simplified: 卫国, Traditional: 衞國, Pinyin: Wèi Guó).

Pada saat berada di Negara Zhao (Simplified: 赵国, Traditional: 趙國, Pinyin: Zhào Guó), Lǚ Bùwéi bertemu dan berteman akrab dengan Ying Yiren (Simplified: 嬴异人, Traditional: 嬴異人, Pinyin: Yíng Yìrén), seorang pangeran dari Negara Qin yang menjadi sandera di Negara Zhao untuk menjamin perdamaian antara Negara Qin dan Negara Zhao.

Pangeran Yiren jatuh cinta pada pandangan pertama dengan selir Lǚ Bùwéi dan Lǚ Bùwéi setuju menyerahkan selirnya untuk menjadi istri Yiren, yang kemudian dikenal sebagai Nyonya Zhao, Zhao Ji (Simplified: 赵姬, Traditional: 趙姬, Pinyin: Zhào Jī).

Zhao Ji kemudian melahirkan seorang putra bagi Yíng Yìrén, yang diberi nama Ying Zheng (Simplified: 嬴政, Traditional: 嬴政, Pinyin: Yíng Zhèng).

Melalui hadiah dan intrik, Lǚ Bùwéi berhasil membawa kembali Yíng Yìrén ke Negara Qin, kemudian menjadi Putra Mahkota dan akhirnya mewarisi takhta sebagai Raja Zhuangxiang dari Qin (Simplified: 秦庄襄王, Traditional: 秦莊襄王, Pinyin: Qín Zhuāng Xiāng Wáng). Lǚ Bùwéi diangkat sebagai Perdana Menteri dan mendapat gelar Marquis Wenxin (Simplified: 文信侯, Traditional: 文信侯, Pinyin: Wén Xìn Hóu).

Setelah kematian Raja Zhuangxiang, Yíng Zhèng naik takhta sebagai Raja Zheng dari Negara Qin (Hanzi: 秦王政, Pinyin: Qín Wáng Zhèng), dan Lǚ Bùwéi sebagai perdana menteri serta wali negara, karena pada saat itu Yíng Zhèng masih terlalu muda.

Sebagai perdana menteri dan wali negara, Lǚ Bùwéi mendominasi pemerintahan dan militer Negara Qin. Lǚ Bùwéi mengundang cendekiawan terkenal dari seluruh Tiongkok ke Xian Yang (Simplified: 咸阳, Traditional: 咸陽, Pinyin: Xián Yáng), ibu kota Negara Qin, di mana mereka menyusun Lüshi Chunqiu (Simplified: 吕氏春秋, Traditional: 呂氏春秋, Pinyin: Lǚ Shì Chūn Qiū), Musim Semi dan Musim Gugur Lü, sebuah ensiklopedi ringkasan ide-ide Seratus Aliran Pemikiran.

Setelah terlibat dalam skandal yang melibatkan Ibu Suri Zhao, ibu Ying Zheng, dan kekasih gelapnya Lao Ai, Lǚ Bùwéi dicopot dari jabatan dan gelarnya, lalu dibuang ke daerah terpencil Shu di selatan Qin. Saat berada di pengasingan, Lǚ Bùwéi bunuh diri dengan mengonsumsi racun.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − six =