Kejatuhan Sebuah Negara

Liu Che (刘彻) adalah seorang kaisar yang sangat berkuasa pada masa Dinasti Han Barat. Disamping mahir dalam politik dan militer, Liu Che juga merupakan seorang sastrawan. Ia membentuk sebuah badan kerajaan yang bertugas mengumpulkan dan memadukan nyanyian-nyanyian rakyat, juga cerita-cerita rakyat.

Seorang ketua rombongan pemusik yang bernama Liyannian merupakan sastrawan yang sangat mahir, dan dapat memadukan banyak karya sastra dengan indah.

Suatu hari Liyannian membawakan sebuah lagu kepada kaisar, “Di utara terdapat seorang wanita cantik, sangat lain daripada yang lain. Satu pandangan mata menyebabkan jatuhnya sebuah kota, pandangan berikutnya menyebabkan sebuah negara jatuh. Siapakah yang mengetahui batas kecantikannya? Dialah yang tercantik.”

Sang kaisar sangat terkesan, lagu itu disamping memberikan kekaguman besar, juga memberikan kerisauan mendalam. Dengan penuh penyesalan, kaisar mengguman, “Betapa hebatnya jika terdapat wanita seperti itu di dunia ini.”

Kata-kata yang dilontarkan dengan tidak sengaja itu membuat adik perempuan sang kaisar ingin mencari wanita seperti itu di seluruh negeri untuk menjadi permaisuri bagi sang kaisar.

Pada akhirnya, ditemukan bahwa adik dari ketua rombongan pemusik adalah orang yang dicari. Seorang wanita yang berpendidikan, menawan dan sangat cantik. Ia menari dengan sangat indah dan menawan dihadapan kaisar, yang membuat kaisar sangat terpukau dan kagum. Sang kaisar mengikuti dengan seksama seluruh tarian yang dibawakan, dan akhirnya berkata, “Baiklah, jantung hatiku, negara akhirnya jatuh karena dirimu.”

Sejak saat itu, peribahasa “Kejatuhan sebuah negara” digunakan sebagai ungkapan untuk menggambarkan seorang wanita yang sangat cantik dan menawan.

9 thoughts on “Kejatuhan Sebuah Negara

  1. wanita cantik dapat menyebabkan negara jatuh jika kaisar “menjatuhkan negara” ketangan wanita cantik yang tidak peduli nasib negara,tapi bahkan sekarang masih banyak orang rela memberikan apa saja untuk wanita cantik.

  2. Setuju banget sama yg petuah yg ini…
    Pahlawan yg paling hebat pun bertekuk lutut / jatuh jika sudah menghadapi wanita cantik yang mempesona dirinya ^_^;;;

  3. jangan sampaai kita (khususnya kaum laki2) terpengaruh olek kemolekan .kecantikan seorang wanita.
    kita tak pernah tau isi hati wanita sebenarnya.

  4. Sepanjang ada yang namanya “NAFSU” pasti kalimat diatas akan berputar terus sepanjang jaman dan tiada pernah berhenti terulang….

  5. Sabar…….sabar….teman jangan sembarangan menilai wanita cantik,tergantung kita sendiri mau bagaimana menilai wanita cantik itu,tetapi yang sdh pasti wanita cantik itu ibarat bisa dijadikan Madu atau Racun,tergantung kitanyalah,madu akan memberi kan kita keturunan,menjadi pendamping kita yang meraih karier,juga dalam duka maupun suka,Racun kalau kita mengutamakan nafsu,melihat dari luarnya saja,tidak me-nimbang2 dulu, inilah pandangan tentang wanita cantik…….

  6. karna wanita kita(laki2) bisa sukses
    dan karna wanita pula lah kita bisa hancur
    dari cerita di atas saya punya kesimpulan bahwa
    kecantikan seorang wanita tak kan menjamin kesejahtraan
    hidup kita dan orang lain baik di dunia mau pun di akhierat nanti
    jadi untuk kita kaum lelaki teliti lah sebelum mengambil sebelum
    menyesal di kemudian hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *