Huang Zhong (黄忠)

Nama Lengkap: Huang Hanshen
Lahir: A.D. 148
Meninggal: A.D. 221

Pada mulanya berada dibawah Han Xuan. Huang Zhong (黄忠) memimpin pasukan mempertahankan Changsha melawan serangan Guan Yu setelah Yang Ling dibunuh oleh Guan Yu pada pertempuran pertama. Kedua orang sangat seimbang dalam pertempuran sampai kuda yang dinaiki Huang Zhong tersandung. Guan Yu tidak mengambil kesempatan yang ada dan mengampuni nyawa Huang Zhong. Mereka berdua terlibat pertempuran lagi pada keesokan harinya. Demi membayar kebaikan hati Guan Yu, Huang Zhong sengaja tidak memanah badan Guan Yu, hanya helm yang dikenakan. Namun saat kembali ke Changsha, Han Xuan menghukum mati Huang Zhong karena dianggap bersekutu dengan musuh yang ditunjukkan perbuatannya mengampuni nyawa Guan Yu. Huang Zhong terselamatkan dari golok hukuman ketika Wei Yan datang dan membunuh pelaksana hukuman.

Ketika Liu Bei datang, Huang Zhong malu atas dirinya dan menghindari bertemu siapapun namun akhirnya bersedia mengabdi kepada Liu Bei. Tugas pertama Huang Zhong adalah ketika bersama Liu Bei dan Wei Yan ke Xichuan.

Huang Zhong direndahkan oleh banyak orang karena umurnya yang sudah lanjut ketika Zhuge Liang mengirim dirinya dan Yan Yan ke Terusan Jiameng. Namun kenyataan berbicara lain ketika kemenangan berhasil digenggam disamping berhasil pula membunuh salah satu jenderal utama Cao Cao, Xiahou Yuan.

Pertempuran terakhir Huang Zhong adalah ketika Kerajaan Shu melancarkan serangan ke Kerajaan Wu untuk membalas dendam kematian Guan Yu. Takut melukai Huang Zhong karena umurnya sudah lanjut, saat itu sudah 70 tahun lebih, Liu Bei tidak mengirim Huang Zhong untuk pertempuran-pertempuran berbahaya. Huang Zhong tidak menganggap umur sebagai kendala dan maju bertempur. Dalam usaha menunjukkan bahwa dirinya mampu, Huang Zhong bertempur hebat sehingga dapat masuk dalam ke belakang garis pertahanan musuh. Sayangnya Huang Zhong terjatuh kedalam perangkap musuh.

Terluka pada pertempuran, Huang Zhong berhasil bertahan dan kembali ketika Guan Xing dan Zhang Bao datang menyelamatkan. Sungguh sayang bahwa luka yang diderita sangat parah, sehingga meskipun Huang Zhong berhasil kembali, dia meninggal karena lukanya.

4 thoughts on “Huang Zhong (黄忠)

  1. Huang Zhong , kerenz banget , nih yang namanya tua tapi masih punya spirit anak muda ya?
    kita harus nyontoh dari huang zhong nih 🙂

  2. Gw Suka bgt ma karakter Huang Zhong walaupun dia sudah tua

    tetapi dia tetap hebat

    i like Huang Zhong…….!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *