Cao Cao (曹操)

Raja dari Kerajaan Wei

Nama Lengkap: Cao Mengde
Lahir: A.D. 155
Meninggal: A.D. 220
Ayah: Cao Song
Istri: Nyonya Bian, Nyonya Zou
Anak: Cao Ang (A.D. 175), Cao Pi (A.D. 187), Cao Zhang (A.D. 190), Cao Zhi (A.D. 192), Cao Xiong (A.D. 195), Cao Yu (A.D. 219)
Cucu: Cao Rui (anak dari Cao Pi, A.D. 205), Cao Huan (anak dari Cao Yu, A.D. 246)

Cao Cao (曹操) adalah salah seorang menteri pada akhir Dinasti Han. Dia kehilangan posisi menteri dan menjadi buronan karena gagal membunuh Dong Zhuo, yang berusaha menguasai istana.

Banyak orang menganggap Cao Cao sebagai orang jahat, ini disebabkan oleh tiga hal. Pertama, Cao Cao menjadi buronan setelah gagal membunuh Dong Zhuo. Pada saat perjalanan pulang ke kota asalnya, Cao Cao menginap di rumah seseorang. Saat itu dia berjaga sampai malam dan mendengar orang-orang sedang mengasah pisau. Karena salah paham atau tidak mengerti, Cao Cao mengira mereka akan membunuh dirinya. Oleh karena itu Cao Cao menyerang terlebih dahulu dan membunuh mereka semua. Sebenarnya sang tuan rumah sedang mempersiapkan sebuah pesta untuk Cao Cao dan ingin menyajikan hidangan yang mewah.

Kedua, pada saat Dong Zhuo semakin berkuasa, Kaisar meminta perlindungan dari Cao Cao. Dan Cao Cao dapat memanfaatkan sang Kaisar untuk melakukan keinginan pribadinya, seperti memerintah para raja wilayah. Oleh sebab itu, Cao Cao dinilai tidak berbeda dengan Dong Zhuo.

Terakhir, Cao Cao juga menyebabkan kematian dari seorang dokter ternama, Hua Tuo. Karena kecurigaan, Cao Cao mengira Hua Tuo ingin membunuh dirinya ketika sang dokter menyarankan mengoperasi kepala Cao Cao demi menghilangkan tumor yang ada. Hua Tuo dimasukkan ke dalam penjara dan tidak lama kemudian meninggal.

Cao Cao meletakkan dasar bagi Kerajaan Wei ketika dia berhasil mengalahkan Yuan Shao, seorang raja wilayah yang lebih kuat. Daerah kekuasaan Cao Cao terbentang seluas padang pasir Mongolia dan kemudian berhasil menguasai daerah-daerah lain setelah mengalahkan Yuan Shao pada pertempuran di Guandu.

Faktor-faktor yang membuat Cao Cao berhasil mengalahkan Yuan Shao adalah terbakarnya gudang makanan Yuan Shao di Wuchao, Guan Yu membunuh dua orang jenderal utama Yuan Shao (Yan Liang dan Wen Chou), dan seorang penasehat Yuan Shao (Xu You) yang berpihak kepada Cao Cao.

Dengan tidak adanya Yuan Shao, maka Cao Cao mengalihkan perhatian ke daerah selatan. Liu Zhong yang menguasai daerah Jingzhou menyerah ke tangan Cao Cao setelah kematian Liu Biao (ayah Liu Zhong).

Setelah menguasai Jingzhou, Cao Cao memusatkan perhatian ke Liu Bei yang berada di Jiang Xia. Namun karena takut diserang Kerajaan Wu, maka Cao Cao mengajukan usul kerja sama dengan Kerajaan Wu untuk mengalahkan Liu Bei. Ternyata Kerajaan Wu lebih bersedia bekerja sama dengan Liu Bei.

Marah karena gagal bekerja sama dengan Kerajaan Wu, Cao Cao membangun angkatan perang untuk sekaligus memusnahkan Kerajaan Wu dan Kerajaan Shu (Liu Bei). Pertarungan besar tersebut terjadi di Chibi dan Cao Cao menerima kekalahan besar. Jika bukan karena Guan Yu, Cao Cao sudah meninggal pada saat itu.

Cao Cao berhasil melarikan diri ke Fancheng, yang diperintah oleh Cao Ren, dan kembali ke Ibukota Xuchang untuk membangun kembali tentaranya.

Pada masa itulah kerja sama antara Liu Bei dan Sun Quan (Kerajaan Wu) pecah karena masalah Jingzhou. Karena perpecahan itu, Cao Cao berhasil mengajak Sun Quan bekerja sama untuk menyerang Jingzhou, yang dikuasai Liu Bei.

Setelah itu Cao Cao menyerang Hanzhong namun tidak meneruskan serangannya, meskipun Sima Yi menginginkan hal tersebut. Hanya masalah waktu sebelum Liu Bei berhasil membangun kembali kekuatan dan menyerang Cao Cao.

Cao Cao mundur ke Xuchang dan beberapa lama kemudian dia meninggal karena penderitaan di kepalanya.

19 thoughts on “Cao Cao (曹操)

  1. Pingback: Budaya dan Tradisi Tionghoa » Chibi

  2. Pingback: Budaya dan Tradisi Tionghoa » Lu Bu

  3. Pingback: Tionghoa » Blog Archive » Lu Su

  4. Pingback: Tionghoa » Ma Chao

  5. Pingback: Tionghoa » Opera Beijing » Budaya, Tradisi dan Sejarah

  6. Pingback: Tionghoa » Yuan Shao » Budaya, Tradisi dan Sejarah

  7. masih gak ngerti ama cao cao…
    dia agak aneh dan terarah sebagai penjahat utama dalam cerita ini.
    Kemudian, yang mau aku tanyak, siapa sih yang sebenarnya paling bersalah dalam sejarah ini???
    Aku tahu hampir seluruh nama tokoh sejarah ini dari game Dynasty warriors…

    • Kalau menurut Romance of The Three Kingdoms(San Guo Yanyi), Cao Cao memang diposisikan sebagai tokoh antagonis. Namun sebenarnya di dalam sejarah asli, atau menurut Chronicle of The Three Kingdoms(San Guo Zhi), Cao Cao bukanlah tokoh antagonis, melainkan bisa dianggap sebagai orang yang berjasa bagi negara.
      Yang paling bersalah dalam sejarah? Bersalah dalam hal apa? Di dalam rentang sejarah Three Kingdoms banyak orang yang melakukan kesalahan, dan tentunya susah mengukur siapa yang salahnya paling besar, dan sekali lagi, buat apa mengetahui siapa yang salahnya paling besar?

  8. Cao pi nggak berkuasa di Wei forces ya??? payah, padahal Zhen ji cukup cantik buat jadi ratu…
    Tapi, cao pi kelihatannya agak berwibawa deh…

  9. Cao Cao ìtü Terlalu Ambisiùs, Tapì Bèrkat Dia Jüga Si Jendral Tèrbañg Pèmbèlàh Lañgìt Lu Bu Bìsa Di kalähkañ Haha..

  10. gw main game online TS Online yang di tutup tgl 17-2-2008, dari game online itu gw bener2 terharu dari kisah dan ceritanya, gw paling suka sama NPC yang namanya Cao Cao, Lu Bu, Pang Tong, Sima Yi, Zhuge Liang, lu Xun…

    gw pengen game itu di adain lagi atau yang TS2 Online nya di adain di Indonesia soalnya di Cina uda ada game nya…

    biar orang2 Indonesia makin bisa ngerti sejarah Three Kingdom yang bener2 rame banget, soalnya itu game yang paling rame dan paling seru gw maenin…

    tq.

    • TS online apaan ya bro..bole tau..krn w fans berat 3 kingdom..kok w tdk
      Adanya game ol 3kingdom ya..biz console utk semua 3 kingdom pdhal w pd main semua.

  11. Ane kgax dmne ma sifatne si Cao Cao,,,entah knapa kgak twu,,,,ane mah dmenna sma Lu Bu,,,soalna Lu Bu gagah d Dynasty Warriors 6 bda jauh sma Cao-Cao,,,soalna Cao-Cao mah keberatan kumis siech,,,,hahaha,,, 🙂

  12. cao cao emang dia sedikit serakah..
    Tapi menurut aku di dalam game DYNASTY WARRIOR..
    cao cao lah yang paling kuat dia antara..
    orang laen..

    🙂

  13. Perasaan gue, waktu tahun 208 A.D (waktu pertempuran di tebing merah/ Chi-Bi) Sun Quan dan Liu Bei belum buat kerajaan. Kaisar Xian kan belum dikhianati oleh Cao Pi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *