Baili Xi (百里奚)

Spread the love

Baili Xi (百里奚)

Baili Xi lahir selama masa Musim Semi dan Musim Gugur, sebuah periode waktu dimana terjadi kekacauan internal yang besar di Dataran Tengah. Meskipun berbakat, Baili Xi berasal dari keluarga yang sangat miskin dan tidak ada yang menyadari potensinya. Setelah mendapat banyak dorongan dari istrinya, Baili Xi meninggalkan rumah untuk berkelana dengan harapan dapat memajukan ambisi karirnya.

Baili Xi pergi ke Negara Qi (齐国) yang makmur untuk mencari peruntungannya. Namun sayangnya pemerintah Negara Qi penuh dengan korupsi dan Baili Xi tidak mempunyai uang untuk menyuap para pejabat. Tidak lama kemudian, Baili Xi telah menghabiskan semua uangnya dan terpaksa mengemis di jalan. Saat berada di Negara Qi, Baili Xi berteman dengan Jian Shu (蹇叔), sesama cendekiawan lainnya. Dan Jian Shu menyadari bahwa Baili Xi sangat berbakat.

Beberapa tahun kemudian, Baili Xi pergi bekerja di Negara Yu (虞国).

Adipati Mu dari Negara Qin (秦穆公) membina hubungan persahabatan dengan Negara Jin melalui perkawinan. Baili Xi adalah pejabat senior di Negara Yu, dan setelah Negara Yu dikalahkan oleh Negara Jin, Baili Xi ditangkap dan dikirim ke Negara Qin sebagai anggota rombongan mempelai.

Di tengah jalan Baili Xi melarikan diri ke selatan, menuju Negara Chu (楚国), negara bagian besar lainnya. Bakat dan kepandaian Baili Xi tidak diketahui di Negara Chu, sehingga Baili Xi hanya mendapat tugas sebagai pengurus kuda.

Beberapa waktu kemudian, Adipati Mu dari Negara Qin menyadari bakat yang dimiliki Baili Xi dan menebus Baili Xi dengan lima potong kulit lembu. Untuk menghindari kecurigaan dan agar Negara Chu tidak menyadari bahwa Baili Xi adalah orang yang sangat berbakat, Adipati Mu hanya mengirimkan pejabat tingkat rendah ke Negara Chu. Kemudian Baili Xi dibawa ke Negara Qin dengan menggunakan kereta tahanan.

Setelah tiba di Negara Qin, Adipati Mu memperlakukan Baili Xi dengan penuh hormat dan menjadikan Baili Xi tangan kanannya. Baili Xi telah berusia 70 tahunan pada saat itu.

Kemudian Baili Xi merekomendasikan Jian Shu kepada Adipati Mu.

Dengan bantuan pejabat berbakat, Negara Qin secara bertahap berkembang menjadi negara besar dan menjadi salah satu Lima Hegemoni periode Musim Semi dan Musim Gugur.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 5 =