Asal Usul Marga Tian (田)

Asal Usul Marga Tian (田)

Nama marga: Tian
Pinyin: Tián
Hanzi (Simplified): 田
Hanzi (Traditional): 田
Penulisan lain:
– Tien
– Tin (Kanton)

Keturunan Kaisar legendaris Shun (舜) yang bernama Gui Shang (妫商) ditunjuk oleh Kaisar legendaris Yu (禹) sebagai penguasa sebuah daerah yang bernama Yu (虞). Banyak generasi setelah Gui Shang (妫商), Ji Fa (姬发) menggulingkan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou. Ji Fa (姬发) bergelar Zhou Wu Wang (周武王). Karena keterbatasan teknologi komunikasi pada masa itu maka mengatur negara yang sangat luas adalah sebuah permasalahan besar. Oleh karena itu Zhou Wu Wang (周武王) membutuhkan orang-orang berkemampuan untuk membantunya mengelola negara, sehingga Zhou Wu Wang (周武王) mengangkat keluarga, pejabat, bangsawan, dan jenderal untuk memerintah atas namanya.

Gui Efu (妫阏父) adalah keturunan Gui Shang (妫商) dan telah banyak membantu Zhou Wu Wang (周武王) dalam menggulingkan Dinasti Shang. Zhou Wu Wang (周武王) memberikan penghargaan dengan mengangkat Gui Efu (妫阏父) sebagai Tao Zheng (陶正), pejabat yang bertanggung jawab atas persenjataan.

Putra sulung Gui Efu (妫阏父) yang bernama Gui Man (妫满) menikah dengan putri Zhou Wu Wang (周武王) yang bernama Da Ji (大姬). Hu Gong (胡公) adalah nama yang diberikan Zhou Wu Wang (周武王) bagi menantunya, sehingga Gui Man (妫满) kemudian dikenal sebagai Hu Gong Man (胡公满). Zhou Wu Wang (周武王) juga memberikan gelar Hou (侯) dan kekuasaan untuk memerintah sebuah daerah yang bernama Chen (陈) kepada Hu Gong Man (胡公满).

Hu Gong Man (胡公满) kemudian mengubah nama daerah Chen (陈) menjadi Negara Chen (陈国), sehingga Hu Gong Man (胡公满) dikenal juga sebagai pendiri Negara Chen (陈国).

Belasan generasi setelah Hu Gong Man (胡公满), Gui Chujiu (妫杵臼) adalah penguasa Negara Chen (陈国). Pada suatu hari, Gui Chujiu (妫杵臼) menduga putra sulungnya, yang juga merupakan putra mahkota, Gui Yukou (妫御寇), memiliki rencana untuk menggulingkan dirinya. Oleh karena itu, Gui Chujiu (妫杵臼) membunuh Gui Yukou (妫御寇).

Kuatir dituduh terlibat, Gui Jingzhong (妫敬仲), keponakan Gui Chujiu (妫杵臼) yang juga merupakan sahabat Gui Yukou (妫御寇), melarikan diri ke Negara Qi (齐国).

Jiang Xiaobai (姜小白), penguasa Negara Qi (齐国), sangat senang dan menyambut kedatangan Gui Jingzhong (妫敬仲) dengan hangat, dikarenakan pada saat itu Negara Qi (齐国) dan Negara Chen (陈国) sedang bermusuhan.

Jiang Xiaobai (姜小白) ingin mengangkat Gui Jingzhong (妫敬仲) sebagai pejabat, namun Gui Jingzhong (妫敬仲) menolak tawaran tersebut. Akhirnya Jiang Xiaobai (姜小白) memberikan tanah berbentuk karakter Tian (田) kepada Gui Jingzhong (妫敬仲).

Gui Jingzhong (妫敬仲) menamakan daerahnya Tian (田), dan kemudian Gui Jingzhong (妫敬仲) dikenal sebagai Gui Tian (妫田). Dikemudian hari, Gui Jingzhong (妫敬仲) mengubah nama marganya menjadi Tian (田).

Beberapa generasi setelah Tian Jingzhong (田敬仲), salah satu keturunannya yang bernama Tian Zicheng (田子成) membunuh Jiang Ren (姜壬), penguasa Negara Qi (齐国) yang kejam dan jahat. Tian Zicheng (田子成) menjadi orang paling berpengaruh di Negara Qi (齐国).

Dikemudian hari, Tian He (田和), cicit Tian Zicheng (田子成), mengasingkan Jiang Dai (姜贷), penguasa Negara Qi (齐国). Tian He (田和) lalu menjadi penguasa Negara Qi (齐国).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Tian (田) adalah:

  • Tian Dan (田单), jenderal besar dari Negara Qi pada masa Negara-Negara Berperang.
  • Tian Ji (田忌), jenderal dari Negara Qi pada masa Negara-Negara Berperang.
  • Tian Feng (田丰), penasihat panglima perang Yuan Shao pada masa Dinasti Han Timur.
  • Tian Hongzheng (田弘正), jenderal pada masa Dinasti Tang.
  • Tian Huaijian (田怀谏), jenderal pada masa Dinasti Tang.
  • Tian Han (田汉), penulis sandiwara, pemusik, dan penyair pada masa Tiongkok modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *