Asal Usul Marga Shuang (双)

Asal Usul Marga Shuang (双)

Nama marga: Shuang
Pinyin: Shuāng
Hanzi (Simplified): 双
Hanzi (Traditional): 雙
Penulisan lain:
– Shwang
– Soeng (Kanton)

Kaisar Shun (舜帝) adalah kaisar legendaris pada masa Tiongkok Kuno yang hidup pada sekitar tahun 2294 hingga 2184 SM. Kaisar Shun (舜帝) sangat mempercayai Yu (禹) dan menugaskan Yu (禹) untuk menghentikan banjir.

Yu (禹) mengorganisasi rakyat dari berbagai suku dan memerintahkan mereka membangun kanal-kanal pada semua sungai utama yang sering mengalami banjir sehingga air yang berlebih dapat diarahkan agar bisa langsung menuju lautan.

Yu (禹) sangat berdedikasi terhadap pekerjaannya. Rakyat sangat menyanjung Yu (禹) sehingga mereka bersedia bergabung untuk melaksanakan proyek besar tersebut. Legenda mengatakan bahwa Yu (禹) mencurahkan waktu 13 tahun untuk menyelesaikan tugas mengatur banjir dan selama itu Yu (禹) tidak pernah pulang kampung untuk berhenti dan beristirahat, meskipun sebenarnya pernah melewati kampungnya sebanyak tiga kali.

Prestasi Yu (禹) dalam menghentikan banjir membuat produksi pertanian yang sebelumnya sering rusak karena banjir menjadi lebih efektif sehingga meningkatkan hasil produksi pertanian.

Pada saat Kaisar Shun (舜帝) telah berusia lanjut, Yu (禹) terpilih sebagai pemimpin baru. Kemudian Yu (禹) dikenal juga sebagai Kaisar Yu (禹帝).

Kaisar Yu (禹帝) menunjuk seorang keturunan dari Kaisar Huang Di (黄帝) sebagai pengelola sebuah kota bertembok yang bernama Meng Shuang (蒙双). Beberapa keturunan dari pengelola kota bertembok Meng Shuang (蒙双) mengadopsi nama marga Meng (蒙) dan beberapa lainnya dengan nama marga Shuang (双). Sehingga bisa dikatakan bahwa marga Meng (蒙) dan Shuang (双) berasal dari akar yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *