Asal Usul Marga Jin (金)

Asal Usul Marga Jin (金)

Nama marga: Jin
Pinyin: Jīn
Hanzi (Simplified): 金
Hanzi (Traditional): 金
Penulisan lain:
– Ching
– Kam
– King

Terdapat beberapa garis asal usul marga Jin (金).

Keturunan kaisar legendaris Huang Di (黄帝) yang bernama Shao Hao (少昊) dikenal juga sebagai Jin Tian (金天) dan Xuan Xiao (玄嚣). Keturunan Shao Hao (少昊) mempergunakan Jin (金) sebagai nama marga.

Pada masa Dinasti Han Barat, putra Raja Xiutu (休屠) dari bangsa Xiongnu mengikat sekutu dengan Dinasti Han dan kemudian Kaisar Wu dari Dinasti Han, atau dikenal juga sebagai Han Wudi (汉武帝), memberikan anugerah marga Jin (金). Sejak saat itu namanya menjadi Jin Mi Di (金日磾) dan generasi penerusnya memakai Jin (金) sebagai nama marga.

Nama marga Jin (金) adalah salah satu nama marga yang dipergunakan oleh etnis Qiang.

Beberapa keturunan Qian Liu (钱镠), pendiri dan raja pertama dari Kerajaan Wu Yue (吴越) pada masa Lima Dinasti & Sepuluh Negara, menerima nama marga Jin (金).

Nama marga Jin (金) adalah salah satu nama marga yang diberikan oleh kaisar Dinasti Ming kepada masyarakat keturunan Yahudi yang tinggal di Kaifeng.

Selama masa Dinasti Yuan, seorang dari klan Liu (刘) menerima nama marga Jin (金), sehingga namanya menjadi Jin Fu Xiang (金覆祥).

Pada masa Dinasti Ming, klan Mongolia Ye (也) mendapat nama marga Jin (金).

Terdapat klan Aisin Gioro yang mengubah nama marga mereka menjadi Jin (金) mengikuti kejatuhan Dinasti Qing. Nama marga Aisin Gioro adalah nama marga dari keluarga kerajaan Manchuria.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Jin (金) adalah:

  • Jin Shengtan (金圣叹), kritikus kesusastraan pada masa akhir Dinasti Ming hingga awal Dinasti Qing.
  • Jin Nong (金农), pelukis dan ahli kaligrafi pada masa Dinasti Qing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *