Asal Usul Marga Dou (窦)

Asal Usul Marga Dou (窦)

Nama marga: Dou
Pinyin: Dòu
Hanzi (Simplified): 窦
Hanzi (Traditional): 竇
Penulisan lain:
– Tou

Si Shao Kang (姒少康) adalah penguasa keenam dari Dinasti Xia. Dia anak dari Si Xiang (姒相). Sang ayah tewas dalam pertempuran melawan dua anak Han Zhuo, yaitu Han Jiao dan Han Yi. Istri Si Xiang (姒相), Ratu Ji, yang saat itu sedang mengandung, berhasil meloloskan diri melalui sebuah lubang pada dinding istana.

Ratu Ji bersembunyi di tempat orang tuanya di You Reng (有仍). Beberapa bulan kemudian dia melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Si Shaokang (姒少康).

Shi Shaokang (姒少康) mengembara kesana kemari, dan kemudian menetap di Pu Ban (蒲阪). Yao Si (姚思), penguasa setempat, menikahkan putrinya dengan Shi Shaokang (姒少康) dan memberikan tanah yang luas untuk bertani. Namun Shi Shaokang (姒少康) tidak ingin menjadi petani. Secara diam-diam Shi Shaokang (姒少康) mengumpulkan sisa-sisa pengikut ayah dan kakeknya, dengan tujuan untuk memulihkan kerajaan leluhurnya.

Si Shaokang (姒少康) mempunyai dua anak laki-laki, Zhu (杼) adalah yang pertama dan Long (龙) adalah yang lebih muda.

Setelah merasa kuat, Si Shaokang (姒少康), bersama para pengikutnya, bertempur melawan Han Zhuo. Si Shaokang (姒少康) berhasil mengalahkan dan membunuh Han Zhuo, serta memulihkan Dinasti Xia.

Di kemudian hari, anak laki-laki tertua Si Shaokang (姒少康) yang bernama Zhu (杼) meneruskan takhta. Anak laki-laki keduanya, Long (龙), tetap tinggal di Pu Ban (蒲阪).

Long (龙) memakaikan nama keluarga Dou (窦), yang memiliki arti lubang, bagi salah seorang anak laki-lakinya, sebagai pengingat bahwa sang nenek, Ratu Ji, berhasil lolos dari maut dengan melarikan diri melalui sebuah lubang pada dinding istana.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Dou (窦) adalah:

  • Dou Yifang (窦猗房), yang dikenal sebagai Permaisuri Dou (窦皇后), istri Kaisar Wen dari Dinasti Han (汉文帝) dan ibu dari Kaisar Jing (汉景帝).
  • Dou Gu (窦固), jenderal pada masa Dinasti Han Timur.
  • Dou Xian (窦宪), jenderal dan negarawan pada masa Dinasti Han Timur.
  • Dou Wei (窦威), pejabat tinggi pada masa Dinasti Sui dan Dinasti Tang.
  • Dou Kang (窦抗), pejabat tinggi pada masa Dinasti Sui dan Dinasti Tang.
  • Dou Dexuan (窦德玄), perdana menteri pada masa Dinasti Tang.
  • Dou Huaizhen (窦怀贞), perdana menteri pada masa Dinasti Tang.
  • Dou Can (窦参), perdana menteri pada masa Dinasti Tang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *