Wei Yan (魏延)

Nama Lengkap: Wei Wenchang
Lahir: A.D. 175
Meninggal: A.D. 234

Wei Yan (魏延) menjadi salah satu perwira paling senior dari Kerajaan Shu setelah meninggalnya Liu Bei, Guan Yu, Zhang Fei, Huang Zhong dan Ma Chao. Wei Yan adalah jenderal yang menyelamatkan Huang Zhong dari hukuman mati setelah membunuh tuannya, Han Xuan.

Pada saat Guan Yu menyerang kota Changsha, Wei Yan menyerah dan bersedia mengabdi kepada Liu Bei. Meskipun telah menyerah dan bersedia bergabung, Zhuge Liang tidak menyetujui hal itu karena takut menghadapai kenyataan bahwa Wei Yan akan menghianati Liu Bei seperti dia menghianati Han Xuan. Tanpa perlu dikatakan, Liu Bei menerima Wei Yan dan mengatakan bahwa membunuh perwira yang menyerah dapat menjadi contoh jelek dikemudian hari terhadap perwira-perwira musuh yang bersedia menyerah dan mengabdi kepada dirinya.

Pada pertempuran di Hanzhong, Wei Yan dengan keahlian memanahnya berhasil merontokkan dua gigi depan Cao Cao dan sebagai hasilnya, Cao Cao terjatuh dari kuda.

Dengan kematian empat dari Lima Harimau, Zhuge Liang menugaskan Wei Yan pada tugas-tugas penting meskipun mengetahui Wei Yan sangat berambisi dan tidak dapat dipercaya. Zhuge Liang dapat dikatakan sebagai perisai yang membuat Wei Yan tidak berkutik karena pada saat Zhuge Liang meninggal di Wuzhangyuan, Wei Yan memberontak terhadap Kerajaan Shu dan berkeinginan menyerang Kerajaan Wei atas dirinya sendiri. Untungnya Zhuge Liang sudah bersiap sedia sebelum kematiannya dan mengatur agar para pembantu setianya, Ma Dai, Yang Yi dan Jiang Wei, untuk membunuh Wei Yan agar tidak menjadi duri bagi Kerajaan Shu.

Wei Yan berusaha melawan menghadang laju mundur tentara Shu namun dibunuh dari belakang oleh Ma Dai setelah dia menjawab tantangan Yang Yi dengan berteriak “Siapa berani membunuhku?” sebanyak tiga kali.

5 thoughts on “Wei Yan (魏延)

  1. Kadang kasian juga si ya, ada manusia yang punya ambisi besar tapi ga punya kesempatan untuk nunjukinnya, makanya jadi penghianat deh dianya? kayak Lu Bu aja ni Wei Yan 🙂

  2. Pingback: Tionghoa » Zhao Yun » Budaya, Tradisi dan Sejarah

  3. wih hebat weiyan bisa ngerontokin gigi nya cao cao wah patut dibileng hebat tapi panahnya ngak nyangkut di gigi cao-cao ya

  4. Wei Yan memang hebat.
    Sayang dia gak bisa mengendalikan emosinya.

    Tapi, gak bisa dibayangin bagaimana wajah Cao Cao pas kena panah di giginya…….

  5. Sejak Wei Yan membunuh Han Xuan,tuannya dahulu..Zhuge Liang sudah berniat menghukum mati Wei Yan.Zhuge Liang menganggap Wei Yan adalah pengkhianat yang membunuh tuannya sendiri.Namun hukuman tersebut dicegah oleh Liu Bei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *