Kaisar Dinasti Ming Yang Mabuk Hiburan

Seorang pejabat Dinasti Ming yang bernama Liu Jin sangat tamak akan kekuasaan. Liu Jin banyak mengadakan pesta hiburan bagi sang Kaisar.

Saat Kaisar sedang bersenang-senang, Liu Jin datang dengan membawa tumpukan dokumen untuk dibaca dan disetujui oleh Kaisar.

Kejadian tersebut terjadi berulang-ulang, sehingga membuat Kaisar sangat marah, “Apa saja kerjamu? Mengapa kamu selalu menggangguku dengan dokumen-dokumen itu?”

Setelah kejadian tersebut, Liu Jin mengendalikan semua urusan, baik urusan kecil maupun urusan besar, tanpa pernah melaporkan kepada Kaisar.

Tanda Tanya Merah Bulat 16x16 - 1Apakah makna dari cerita ini?

2 thoughts on “Kaisar Dinasti Ming Yang Mabuk Hiburan

  1. Saya sangat senang dengan cerita cerita singkat dari website Tionghoa, tetapi jujur saja, saya sulit mencerna maknanya. Mohon pencerahannya.

  2. Liu Jin sengaja mengadakan pesta pora bagi kaisar, menyenangkan kaisar. Dan di saat kaisar sedang bergembira, ia sengaja bertanya tentang urusan pemerintahan pada kaisar, yang tentu saja membuat kaisar tidak senang karena sedang asyik-asyiknya bergembira. Maka kaisar menyuruh Liu Jin tidak usah mengganggunya lagi dengan urusan pemerintahan. Dengan taktik ini, Liu Jin pun dengan mudah memegang kendali pemerintahan, tanpa harus minta persetujuan kaisar, karena kaisar sendiri yang bilang tidak mau diganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *