Bulan Di Dalam Sumur

Spread the love.....

Suatu malam, Huojia pergi mengambil air di sumur. Dia sangat terkejut ketika melihat ke dalam sumur, dia menemukan bulan tenggelam di dalam sumur. “Oh, sedihnya! Bulan yang cantik tenggelam di sumur”.

Maka dia pulang ke rumah untuk mengambil kait pancing dan mengikatnya dengan seutas tali, lalu mengulurkan ke dalam sumur.

Setelah berburu beberapa waktu, Huojia mendapatkan sesuatu tertangkap di kaitnya. Dia berpikir, itu pasti bulan. Huojia menarik tali tersebut dengan keras. Karena tekanan yang besar, tali itu terputus sehingga Huojia terlempar dan jatuh terlentang di tanah.

Dari posisi tersebut, Huojia melihat bulan sudah berada di angkasa. Dia tersenyum sambil berkata, “Aha, akhirnya kembali ke asalnya! Pekerjaan hebat!”. Huojia sangat gembira dan menceritakan semuanya kepada semua orang yang dijumpai.

Apakah makna dari cerita ini?


Spread the love.....

3 thoughts on “Bulan Di Dalam Sumur

  1. ya,sudah umum manusia baru sadar akan kekeliruan atau pendiriannya yang salah setelah mengalami akibat kebodohannya itu. Ada kata-kata bijak : Orang baru sadar kalau kepalanya sudah kebentur (tertumbuk sesuatu yg keras).

  2. Mengira kebodohannya adlh kepintaran. Justru menceritakan dgn bangga kebodohan sendiri kepada orang”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.