Asal Usul Marga Su (苏)

Asal Usul Marga Su (苏)

Nama marga: Su
Pinyin: Sū
Hanzi (Simplified): 苏
Hanzi (Traditional): 蘇
Penulisan lain:
– So
– Soo
– Sou (Kanton)

Keturunan Kaisar legendaris Huang Di (黄帝) yang bernama Lu Zhong (陆终) memiliki enam anak laki-laki. Yang tertua bernama Fan (樊). Pada masa Dinasti Xia, Fan (樊) diberi anugerah sebuah daerah yang bernama Kun Wu (昆吾). Keturunan Fan (樊) kemudian mengadopsi Kun Wu (昆吾) sebagai nama marga.

Pada saat Zhou Wu Wang (周武王) mendirikan Dinasti Zhou, salah seorang keturunan Fan (樊) yang bernama Kunwu Fensheng (昆吾忿生) diangkat sebagai Si Kou (司寇), pejabat peradilan.

Kunwu Fensheng (昆吾忿生) membuktikan bahwa dia adalah seorang hakim yang adil dan jujur, sehingga Zhou Wu Wang (周武王) memberi anugerah sebuah tempat yang bernama Su (苏) kepada Kunwu Fensheng (昆吾忿生).

Daerah Su (苏) kemudian menjadi Negara Su (苏国). Kunwu Fensheng (昆吾忿生) mengadopsi Su (苏) sebagai nama marga, sehingga dikenal sebagai Su Fensheng (苏忿生).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Su (苏) adalah:

  • Su Wu (苏武), diplomat dan negarawan pada masa Dinasti Han.
  • Su Song (苏颂), ilmuwan terkemuka pada masa Dinasti Han.
  • Su Dingfang (苏定方), jenderal pada masa Dinasti Tang.
  • Su Xun (苏洵), Su Shi (苏轼) dan Su Zhe (苏辙) dikenal sebagai Tiga Su, San Su (三苏). Su Xun (苏洵) dengan kedua anaknya, Su Shi (苏轼) dan Su Zhe (苏辙), adalah penyair terkemuka pada masa Dinasti Song.
  • Su Buqing (苏步青), ahli matematika modern, 23 September 1902 – 17 Maret 2003.

One thought on “Asal Usul Marga Su (苏)

  1. Artikel spt ini sungguh sangat dbutuhkan oleh kaum Tionghoa sekarang ini krn banyak sekali etnis Tionghoa yg sudah kurang / tidak mengenali asal-usul nya, bahkan bny yg sudah tak tahu lagi ttg nama Marga dan sejarahnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *