Asal Usul Marga Song (宋)

Asal Usul Marga Song (宋)

Nama marga: Song
Pinyin: Sòng
Hanzi (Simplified): 宋
Hanzi (Traditional): 宋
Penulisan lain:
– Soong
– Sung

Pada masa pemerintahan Zhou Wang (纣王) dari Dinasti Shang, Ji Chang (姬昌) wajib melayani Dinasti Shang karena tempat tinggal Ji Chang (姬昌) berada dalam kekuasaan Dinasti Shang. Ji Chang (姬昌) adalah pemimpin klan Zhou (周). Ji Chang (姬昌) ditunjuk sebagai penasihat, sedangkan anak Ji Chang (姬昌) yang bernama Ji Kao (姬考) sebagai asisten Zhou Wang (纣王).

Zhou Wang (纣王) adalah seorang penguasa yang cakap dan pintar. Zhou Wang (纣王) menikah dengan Su Da Ji (苏妲己), yang lebih dikenal dengan nama Da Ji (妲己). Su Da Ji (苏妲己) dipercaya banyak orang sebagai wanita tercantik pada masa itu.

Zhou Wang (纣王) sangat tergila-gila kepada Su Da Ji (苏妲己) dan mulai mengabaikan urusan negara. Kekayaan negara banyak dihambur-hamburkan untuk membangun banyak istana besar dan gaya hidup yang penuh kemewahan. Zhou Wang (纣王) menjadi kejam dan jahat, akan membunuh atau menyiksa siapa saja yang berani mengeluh tentang pemborosannya.

Kakak tiri Zhou Wang (纣王), ayah sama tetapi lain ibu, yang bernama Wei Zi Qi (微子启) memberikan nasihat agar gaya hidup penuh kemewahan Zhou Wang (纣王) dapat dikurangi. Zhou Wang (纣王) mengusir Wei Zi Qi (微子启), sehingga Wei Zi Qi (微子启) pergi dan hidup bersama klan Zhou (周).

Awalnya Wei Zi Qi (微子启) adalah Putra Mahkota. Namun sebelum kematiannya, Shang Yi Wang (商帝乙) mengganti posisi Wei Zi Qi (微子启) sebagai Putra Mahkota dengan Zi Shouxin (子受辛). Ketika Shang Yi Wang (商帝乙) meninggal dunia, Zi Shouxin (子受辛) naik takhta sebagai Zhou Wang (纣王).

Ji Chang (姬昌) berusaha menasihati Zhou Wang (纣王) mengenai kesulitan keuangan negara, namun Zhou Wang (纣王) tidak mendengarkan. Zhou Wang (纣王) juga mulai takut akan kekuatan Ji Chang (姬昌) yang terus berkembang, sehingga memenjarakan Ji Chang (姬昌) di Youli (羑里) dan membunuh Ji Kao (姬考).

Banyak pejabat menghormati Ji Chang (姬昌) dan memberikan banyak hadiah kepada Zhou Wang (纣王), sehingga kemudian Ji Chang (姬昌) dibebaskan.

Setelah bebas Ji Chang (姬昌) kembali ke tanah klan Zhou (周) dan berencana menggulingkan Dinasti Shang. Namun sayang Ji Chang (姬昌) meninggal sebelum tujuannya tercapai. Ji Fa (姬发) menggantikan ayahnya sebagai pemimpin klan Zhou (周).

Ji Fa (姬发) bersumpah untuk membalas dendam, tetapi dia juga sadar bahwa kekuatannya masih belum sebanding, sehingga harus menunggu sambil terus memperkuat barisan.

Akhirnya Ji Fa (姬发) berhasil mengalahkan Dinasti Shang pada Pertempuran Muye (牧野) dan mendirikan Dinasti Zhou.

Wei Zi Qi (微子启) dianugerahi gelar Adipati, Gong (公), dan kekuasaan untuk memerintah Negara Song (宋国). Wei Zi Qi (微子启) menjadi pendiri Negara Song (宋国) dan dikenal sebagai Song Gong (宋公).

Keturunan Wei Zi Qi (微子启) mengadopsi Song (宋) sebagai nama marga mereka.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Song (宋) adalah:

  • Song Yu (宋玉), penulis pada masa Negara-Negara Berperang.
  • Song Jing (宋璟), perdana menteri pada masa Dinasti Tang.
  • Song Shenxi (宋申锡), perdana menteri pada masa Dinasti Tang.
  • Song Lian (宋濂), penasihat politik dan sastra pada masa Dinasti Ming.
  • Song Maojin (宋懋晋), pelukis pada masa Dinasti Ming.
  • Song Yingxing (宋应星), ilmuwan pada masa Dinasti Ming.
  • Song Ai Ling (宋蔼龄), Song Qing Ling (宋庆龄) dan Song Mei Ling (宋美龄), “Tiga Bersaudari Song” yang terkenal dan berpengaruh pada masa Republik Tiongkok dan Republik Rakyat Tiongkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *