Asal Usul Marga Shi (石)

Asal Usul Marga Shi (石)

Nama marga: Shi
Pinyin: Shí
Hanzi (Simplified): 石
Hanzi (Traditional): 石
Penulisan lain:
– Shie
– Shek
– Si (Kanton)
– Sim

Pada masa pemerintahan Zhou Ping Wang (周平王) dari Dinasti Zhou yang berlangsung dari tahun 770 SM hingga 720 SM, Negara Wei (卫国) dipimpin oleh Ji Yang (姬扬). Ji Yang (姬扬) menikah dengan Zhuang Jiang (庄姜), putri penguasa Negara Qi (齐国).

Meskipun telah menikah bertahun-tahun, Ji Yang (姬扬) dan Zhuang Jiang (庄姜) tetap tidak memiliki keturunan. Mendambakan anak, Ji Yang (姬扬) menikah lagi dengan dua perempuan bersaudara, yaitu Li Gui (厉妫) dan Dai Gui (戴妫), dari Negara Chen (陈国). Li Gui (厉妫) tidak memberikan Ji Yang (姬扬) keturunan, sebaliknya Dai Gui (戴妫) melahirkan dua anak laki-laki, yaitu Wan (完) dan Jin (晋). Zhuang Jiang (庄姜), istri pertama Ji Yang (姬扬), membesarkan Wan (完) bagai anak kandungnya.

Ji Yang (姬扬) kemudian menikah lagi dan memiliki seorang anak laki-laki yang bernama Zhou Xu (州吁). Ji Yang (姬扬) sangat sayang dan memanjakan Zhou Xu (州吁). Masa kecil Zhou Xu (州吁) penuh dengan impian akan peperangan dan barang-barang rampasannya.

Shi Que (石碏), seorang pejabat tua yang juga merupakan keturunan dari Kang Shu (康叔), pendiri Negara Wei (卫国), tidak suka dengan perilaku Zhou Xu (州吁). Shi Que (石碏) menasihati Ji Yang (姬扬) bahwa seharusnya Zhou Xu (州吁) menjadi anak yang berbakti, bukan menjadi anak yang jahat dan kejam. Shi Que (石碏) menyarankan agar Ji Yang (姬扬) tidak terus menerus memanjakan Zhou Xu (州吁). Tetapi Ji Yang (姬扬) mengabaikan nasihat Shi Que (石碏).

Salah satu putra Shi Que (石碏) yang bernama Shi Hou (石厚) adalah teman baik Zhou Xu (州吁). Mereka berdua suka pergi berburu bersama dan sering menyebabkan banyak masalah dengan penduduk. Akhirnya Shi Que (石碏) melarang Shi Hou (石厚) menemui Zhou Xu (州吁), bahkan memenjarakannya di rumah. Namun Shi Hou (石厚) berhasil melarikan diri dan pergi untuk hidup bersama dengan Zhou Xu (州吁).

Pada saat Ji Yang (姬扬) meninggal dunia, Wan (完) meneruskan takhta sebagai penguasa Negara Wei (卫国). Shi Que (石碏) pensiun.

Shi Hou (石厚) memberitahu Zhou Xu (州吁) bahwa dia lebih pandai, lebih kuat dan lebih berhak sebagai penguasa Negara Wei (卫国). Shi Hou (石厚) bahkan mengajari Zhou Xu (州吁) cara membunuh penguasa baru Negara Wei (卫国).

Penguasa pusat saat itu adalah Zhou Ping Wang (周平王) yang meninggal pada tahun 720 SM dan digantikan oleh cucunya yang bernama Ji Lin (姬林). Ji Lin (姬林) naik takhta sebagai Zhou Huan Wang (周桓王). Sebulan kemudian, Zhou Huan Wang (周桓王) mengundang Wan (完) ke istana di Ibukota.

Malam sebelum keberangkatan ke istana, Zhou Xu (州吁) mengundang Wan (完) untuk sebuah jamuan. Awalnya Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) berencana membunuh Wan (完) saat tiba, namun Wan (完) datang dengan pengawalan ketat.

Pada saat perjamuan, ketika sedang bersulang untuk kesehatan dan keselamatan selama perjalanan bagi Wan (完), Zhou Xu (州吁) mencabut pisau yang telah dipersiapkan dan menikam Wan (完) dari belakang hingga meninggal. Zhou Xu (州吁) kemudian memaksa para pengawal Wan (完) untuk memberi pengakuan bahwa Wan (完) meninggal karena sebab alami. Jin (晋), adik Wan (完), melarikan diri ke Negara Xing (邢国).

Zhou Xu (州吁) kemudian menjadi penguasa baru Negara Wei (卫国). Namun rakyat tidak senang dengan Zhou Xu (州吁), dan tidak ada jalan untuk membujuk rakyat agar mengakui Zhou Xu (州吁) sebagai penguasa yang sah.

Zhou Xu (州吁) meminta nasihat Shi Hou (石厚). Shi Hou (石厚) berkata bahwa Zhou Xu (州吁) harus mempekerjakan kembali Shi Que (石碏) karena rakyat menghormati Shi Que (石碏).

Dengan membawa banyak hadiah, Zhou Xu (州吁) pergi mengunjungi Shi Que (石碏) dan memintanya kembali aktif bekerja. Tetapi Shi Que (石碏) menolak dengan alasan usia.

Akhirnya Shi Hou (石厚) pulang ke rumah dan menemui ayahnya untuk memohon agar sang ayah bersedia kembali bekerja. Shi Que (石碏) kemudian memberikan nasihat agar Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) pergi ke Ibukota dan memberikan penghormatan kepada Zhou Huan Wang (周桓王). Apabila Zhou Huan Wang (周桓王) bersedia menerima kunjungan Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) maka itu berarti Zhou Huan Wang (周桓王) memberikan dukungan, dan karenanya Zhou Xu (州吁) dianggap sebagai penguasa yang sah dari Negara Wei (卫国).

Namun tentunya Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) tidak dapat mengunjungi Zhou Huan Wang (周桓王) tanpa alasan. Shi Que (石碏) memberikan nasihat agar mereka berdua pergi ke Negara Chen (陈国). Penguasa Negara Chen (陈国) adalah Bao (鲍), yang dikenal sebagai pejabat setia dan terhormat di Dinasti Zhou.

Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) sangat senang pergi ke Negara Chen (陈国). Namun tanpa sepengetahuan Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚), Shi Que (石碏) menulis surat kepada sahabatnya, Bao (鲍), dan menceritakan bagaimana Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) membunuh penguasa Negara Wei (卫国) sebelumnya. Shi Que (石碏) meminta bantuan kepada Bao (鲍) agar menangkap Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) saat mereka tiba di Negara Chen (陈国).

Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚) ditangkap saat tiba di Negara Chen (陈国). Bao (鲍) kemudian mengirimkan pesan kepada Shi Que (石碏) bahwa dia telah menangkap Zhou Xu (州吁) dan Shi Hou (石厚), serta menunggu instruksi lebih lanjut dari Shi Que (石碏).

Shi Que (石碏) menyerahkan nasib Zhou Xu (州吁) kepada Pengadilan Negara Wei. Pengadilan Negara Wei memutuskan Zhou Xu (州吁) bersalah karena telah membunuh penguasa Negara Wei sebelumnya dan mengirim algojo ke Negara Chen (陈国) untuk menghukum mati Zhou Xu (州吁). Shi Que (石碏) juga mengirimkan algojo keluarga ke Negara Chen (陈国) untuk menghukum mati Shi Hou (石厚).

Jin (晋) naik takhta sebagai penguasa Negara Wei (卫国).

Keturunan Shi Que (石碏) kemudian mengadopsi Shi (石) sebagai nama marga mereka.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Shi (石) adalah:

  • Shi Shen (石申), ahli astronomi pada masa Negara-Negara Berperang.
  • Shi Shouxin (石守信), jenderal militer yang mengabdi kepada Dinasti Zhou Akhir pada masa Lima Dinasti dan Sepuluh Negara, dan kemudian mengabdi kepada Dinasti Song.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *