Asal Usul Marga Shen (沈)

Asal Usul Marga Shen (沈)

Nama marga: Shen
Pinyin: Shěn
Hanzi (Simplified): 沈
Hanzi (Traditional): 沈
Penulisan lain:
– Sam (Kanton)
– Shim (Hakka)
– Shum (Kanton)
– Sim (Hokkian)
– Sum (Kanton)

Zhou Cheng Wang (周成王) adalah penerus takhta Zhou Wu Wang (周武王) dari Dinasti Zhou. Saat naik takhta Zhou Cheng Wang (周成王) masih terlalu muda sehingga adik Zhou Wu Wang (周武王) yang bernama Adipati Zhou, Zhou Gong (周公), bertindak sebagai wali.

Merasa tidak puas, Wu Geng (武庚) bersama dengan Cai Shu Du, Guan Shu dan Huo Shu melakukan pemberontakan. Wu Geng (武庚) adalah anak Zhou Wang (纣王), penguasa terakhir Dinasti Shang, dinasti yang digulingkan oleh Dinasti Zhou. Cai Shu Du, Guan Shu dan Huo Shu dikenal sebagai Tiga Pengawal. Dengan bantuan para pangeran dan bangsawan, pemberontakan berhasil dipadamkan oleh Zhou Gong (周公).

Karena jasa-jasanya dalam menggagalkan pemberontakan, maka Ji Jidai (姬季戴), paman Zhou Cheng Wang (周成王), diberi anugerah gelar Zi (子) dan wilayah yang bernama Shen (沈). Ji Jidai (姬季戴) kemudian mengubah nama wilayahnya menjadi Negara Shen (沈国).

Pada tahun 506 SM, Zhou Jing Wang (周敬王) adalah pusat kekuasaan dari Dinasti Zhou. Zhou Jing Wang (周敬王) memerintahkan para penguasa 18 negara bagian untuk mengirimkan tentara menyerang Negara Chu (楚国) karena tidak patuh. Pasukan gabungan dari 17 negara bagian berhasil dibentuk. Pemimpin Negara Chu adalah Xiong Zhen (熊轸).

Jia (嘉), penguasa Negara Shen (沈国), menolak mengirimkan tentara karena tidak ingin membuat marah penguasa Negara Chu (楚国).

Pasukan gabungan berhasil dikalahkan oleh Chu (楚). Cai Shen (蔡申), penguasa Negara Cai (蔡国) menyalahkan kegagalan pasukan gabungan dikarenakan Negara Shen (沈国) tidak mengirimkan bantuan tentara.

Pada saat pasukan negara Negara Cai (蔡国) sedang dalam perjalanan pulang dan melewati Negara Shen (沈国), Cai Shen (蔡申) mengambil kesempatan dengan menyerang dan menaklukkan Negara Shen (沈国). Jia (嘉) ditangkap dan dieksekusi.

Keturunan Jia (嘉) melarikan diri ke Negara Chu (楚国) dan kemudian menggunakan nama marga Shen (沈) untuk mengingat asal usul mereka.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Shen (沈) adalah:

  • Shen Yue (沈约), penulis pada masa Dinasti Utara dan Selatan.
  • Shen Kuo (沈括), ilmuwan pada masa Dinasti Song.
  • Shen Yunying (沈云英), jenderal wanita pada masa Dinasti Ming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *