Asal Usul Marga Meng (孟)

Asal Usul Marga Meng (孟)

Nama marga: Meng
Pinyin: Mèng
Hanzi (Simplified): 孟
Hanzi (Traditional): 孟
Penulisan lain:
– Beng (Min Nan)
– Maang (Kanton)

Pada masa Dinasti Zhou, anak laki-laki dari Zhou Gong Dan (周公旦) yang bernama Ji Boqin (姬伯禽) diangkat sebagai penguasa sebuah daerah yang bernama Lu (鲁). Daerah Lu (鲁) kemudian menjadi negara Lu (鲁). Zhou Gong Dan (周公旦) dikenal juga sebagai Adipati Zhou, Zhou Gong (周公), dan memiliki nama lahir Ji Dan (姬旦). Ji Dan (姬旦) adalah adik dari Zhou Wu Wang (周武王), pendiri Dinasti Zhou.

Empat belas generasi setelah Ji Boqin (姬伯禽), selama masa Musim Semi dan Musim Gugur, Ji Yun (姬允) adalah penguasa negara Lu (鲁), yang dikenal juga sebagai Adipati Huan dari Lu, Lu Huan Gong (鲁桓公).

Ji Yun (姬允) memiliki istri yang bernama Wen Jiang (文姜). Wen Jiang (文姜) adalah adik dari Jiang Zhuer (姜诸儿), penguasa negara Qi (齐), dan dikenal sebagai Adipati Xiang dari Qi, Qi Xiang Gong (齐襄公).

Pada suatu hari Ji Yun (姬允) dan Wen Jiang (文姜) berkunjung ke negara Qi (齐). Jiang Zhuer (姜诸儿) memerintahkan pembunuh untuk membunuh Ji Yun (姬允).

Sebelum menikah dengan Ji Yun (姬允), Wen Jiang (文姜) memiliki hubungan terlarang sesama saudara dengan Jiang Zhuer (姜诸儿). Selama masa kunjungan, Wen Jiang (文姜) dan Jiang Zhuer (姜诸儿) kembali melakukan hubungan terlarang. Ketika Adipati Huan mengetahuinya, Jiang Zhuer (姜诸儿) memerintahkan Pangeran Peng Sheng (彭生) membunuh Ji Yun (姬允) ketika sedang mabuk.

Ji Yun (姬允) memiliki empat orang anak laki-laki, yaitu Ji Tong (姬通), Ji Qingfu (姬庆父), Ji Shusun (姬叔孙) dan Ji Jisun (姬季孙). Ji Qingfu (姬庆父) memiliki nama alias Meng Sun (孟孫) dan Zhong Sun (仲孫).

Ji Tong (姬通) naik takhta menggantikan Ji Yun (姬允). Ji Tong (姬通) memberikan otoritas kepada 3 saudaranya untuk memerintah daerah yang berbeda. Anak-anak dari ketiga keluarga tersebut juga diharuskan mengubah nama keluarga mereka untuk menghindari kerumitan yang berhubungan dengan suksesi negara Lu (鲁).

Anak-anak Ji Qingfu (姬庆父) memilih nama alias sang ayah sebagai nama marga. Sebagian menggunakan Meng Sun (孟孫). Dikemudian hari Meng Sun (孟孫) menjadi Meng (孟).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Meng (孟) adalah:

  • Meng Ke (孟柯), yang lebih dikenal sebagai Mencius, tokoh Konfusius terkenal, yang hidup pada masa Negara-Negara Berperang.
  • Meng Jiangnu (孟姜女), tokoh wanita terkenal pada masa Dinasti Qin, kisah cinta dan pengorbanannya dikenal juga sebagai peribahasa “Tembok Besar runtuh oleh air mata Meng Jiangnu“.
  • Meng Haoran (孟浩然), penyair pada masa Dinasti Tang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *