Asal Usul Marga Mao (毛)

Asal Usul Marga Mao (毛)

Nama marga: Mao
Pinyin: Máo
Hanzi (Simplified): 毛
Hanzi (Traditional): 毛
Penulisan lain:
– Mo

Ji Fa (姬发) adalah pemimpin klan Zhou (周) yang tinggal di Lembah Wei (渭谷), di sebelah barat Sungai Kuning. Ji Fa (姬发) sangat baik dan peduli terhadap kesejahteraan rakyatnya. Sebaliknya, penguasa Dinasti Shang (商) yang bernama Zhou Wang (纣王) adalah penguasa yang kejam dan senang menindas rakyat.

Ji Fa (姬发) kemudian meruntuhkan Dinasti Shang (商) dan mendirikan Dinasti Zhou (周). Ji Fa (姬发) menjadi penguasa pertama Dinasti Zhou dengan gelar Zhou Wu Wang (周武王).

Zhou Wu Wang (周武王) mendelegasikan wewenang untuk mengatur wilayah bernama Mao (毛) kepada saudara laki-lakinya yang bernama Ji Shu Zheng (姬叔郑). Zhou Wu Wang (周武王) juga memberikan gelar Adipati, Gong (公), sehingga Ji Shu Zheng (姬叔郑) kemudian dikenal sebagai Adipati Zheng dari Mao, Mao Zheng Gong (毛郑公).

Setelah Zhou Wu Wang (周武王) meninggal dunia, Ji Song (姬诵) naik takhta sebagai Zhou Cheng Wang (周成王). Ji Song (姬诵) adalah putra Zhou Wu Wang (周武王).

Karena Zhou Cheng Wang (周成王) masih terlalu muda, maka Ji Dan (姬旦) bertindak sebagai wali. Ji Dan (姬旦) adalah paman dari Zhou Cheng Wang (周成王) dan dikenal sebagai Adipati Zhou, Zhou Gong (周公).

Ji Dan (姬旦) memanggil Mao Zheng Gong (毛郑公) ke ibukota untuk membantunya memerintah Dinasti Zhou. Zhou Cheng Wang (周成王) menunjuk Mao Zheng Gong (毛郑公) untuk bertanggung jawab terhadap pembangunan di ibukota.

Pada masa Musim Semi dan Musim Gugur, wilayah Mao (毛) dikuasai negara Qin (秦). Keturunan Mao Zheng Gong (毛郑公) kemudian mengadopsi Mao (毛) menjadi nama marga sebagai pengingat tentang negara asal mereka.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Mao (毛) adalah:

  • Mao Jie (毛玠), menteri yang mengadi kepada Cao Cao (曹操) pada masa Dinasti Han Timur.
  • Mao Wenlong (毛文龙), komandan militer pada masa Dinasti Ming.
  • Mao Zedong (毛泽东), pemimpin Tiongkok modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *