Asal Usul Marga Luo (罗)

Asal Usul Marga Luo (罗)

Nama marga: Luo
Pinyin: Luó
Hanzi (Simplified): 罗
Hanzi (Traditional): 羅
Penulisan lain:
– Law (Kanton & Teochiu)
– Lo (Kanton)
– Loh (Kanton)

Pada masa Dinasti Zhou, terdapat negara Luo (罗). Negara Luo (罗) dikalahkan oleh negara Chu (楚) selama masa Musim Semi dan Musim Gugur. Keturunan rakyat negara Luo (罗) mempergunakan Luo (罗) sebagai nama marga untuk mengingat negara asal mereka.

Catatan lain mengatakan bahwa nama marga Luo (罗) adalah keturunan kaisar legendaris Zhu Rong (祝融). Zhu Rong (祝融) adalah anak dari kaisar legendaris Zhuan Xu (颛顼). Dan Zhuan Xu (颛顼) adalah cucu dari kaisar legendaris Huang Di (黄帝).

Pada masa Dinasti Wei Utara, banyak nama marga dari etnis Xianbei mengadopsi nama marga Han, misalnya Poduoluo (破多罗) dan Chiluo (叱罗) yang menjadi Luo (罗).

Mengikuti kejatuhan Dinasti Qing, terdapat klan Aisin Gioro yang mengubah nama marga mereka menjadi Luo (罗). Aisin Gioro adalah nama marga keluarga kerajaan Dinasti Qing. Aisin Gioro merupakan penulisan dalam Bahasa Manchuria, dan ditulis Aixin Jiaoluo atau Aixin Jueluo (爱新觉罗) dalam Bahasa Zhongwen (中文).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Luo (罗) adalah:

  • Luo Cheng (罗成), jenderal terkenal pada masa Dinasti Sui dan Dinasti Tang.
  • Luo Guanzhong (罗贯中), penulis pada masa Dinasti Yuan dan Dinasti Ming.

One thought on “Asal Usul Marga Luo (罗)

  1. sungguh luar biasa, akhirnya saya menemukan beberapakn kesamaan nama dari Nenek Moyang Kami yang bernama “Luo”, ternyata ada hubungannya dengan salah satu marga pd masa Dinasti Zhou…

    jika berkenan, saya ingin menyampaikan beberapa pertanyaan lagi, karena berdasarkan Mythe yg beredar di daerah kami mengatakan bahwa org pertama yang mendarat di Pulau Nias adalah salah seorang putri dari “CINA”…

    sungguh sebuah kehormatan jika “tionghoa.com” dapat membantu saya… terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *