Asal Usul Marga Liu (刘)

Asal Usul Marga Liu (刘)

Nama marga: Liu
Pinyin: Liú
Hanzi (Simplified): 刘
Hanzi (Traditional): 劉
Penulisan lain:
– Lao
– Lau (Hokkian, Kanton & Teochiu)
– Lauw (Hokkian, Kanton & Teochiu)
– Law (Hokkian, Kanton & Teochiun)
– Lew
– Lieu (Hakka)
– Liew (Hakka)
– Low

Kaisar legendaris Yao, Yao Di (尧帝), mempunyai keturunan bernama Liu Lei (刘累). Legenda mengatakan bahwa Liu Lei (刘累) ahli melatih naga, sehingga Raja Kong Jia (孔甲) memberikan Liu Lei (刘累) tanggung jawab untuk memelihara 4 naga miliknya. Raja Kong Jia (孔甲) adalah raja dari Dinasti Xia.

Tidak lama setelah mengemban tanggung jawab tersebut, salah satu naga jatuh sakit dan meninggal. Liu Lei (刘累) tidak melaporkan kejadian tersebut kepada Raja Kong Jia (孔甲), melainkan memasak daging naga tersebut dan menghidangkannya untuk sang raja. Setelah menyantap hidangan tersebut, Raja Kong Jia (孔甲) mengatakan bahwa masakan tersebut sangat enak, lalu dia memberikan hadiah kepada Liu Lei (刘累).

Suatu hari, Raja Kong Jia (孔甲) ingin menonton pertunjukan naga. Untuk mengelabui maka Liu Lei (刘累) hanya menampilkan 2 naga pada setiap kesempatan. Sang raja kemudian berkata bahwa dia ingin menonton semua naga bersamaan, Liu Lei (刘累) pura-pura tidak mendengar dan tetap hanya menampilkan 2 naga pada setiap kesempatan. Lama kelamaan Raja Kong Jia (孔甲) menjadi curiga dan ingin menginterogasi Liu Lei (刘累).

Mengetahui bahwa dia tidak dapat membohongi sang raja lebih lanjut, maka Liu Lei (刘累) membawa seluruh keluarganya melarikan diri ke Lu (鲁) dan menetap disana. Semua keturunannya mengemban nama marga Liu (刘).

Pada masa pemerintahan Zhou Xuan Wang (周宣王) dari Dinasti Zhou, keturunan Liu Lei (刘累) yang bernama Liu Xi Shu (刘隰叔) pindah ke negara Jin.

Penguasa negara Jin yang bernama Ji Feisheng (姬费生) menunjuk Liu Xi Shu (刘隰叔) sebagai Shi Shi (士师), guru negara. Liu Xi Shu (刘隰叔) kemudian mengubah nama marganya menjadi Shi (士), sehingga dia dikenal sebagai Shi Xi Shu (士隰叔).

Cicit Shi Xi Shu (士隰叔) yang bernama Shi Hui (士会) adalah orang yang sangat berpengaruh di negara Jin, demikian pula dengan anggota keluarga Shi (士) lainnya.

Pada tahun 621 SM, penguasa negara Jin saat itu, Ji Huan (姬驩), meninggal dunia. Kematian Ji Huan (姬驩) menyebabkan terjadinya pergolakan kekuasaan di negara Jin. Hal ini dikarenakan Putra Mahkota Ji Yigao (姬夷皋) dianggap masih terlalu muda. Terdapat kelompok yang mendukung Pangeran Ji Yong (姬雍) untuk menjadi penguasa berikutnya, dan ada juga kelompok yang mendukung Pangeran Ji Le (姬乐).

Ji Yong (姬雍) dan Ji Le (姬乐) adalah adik Ji Huan (姬驩), sedangkan Ji Yigao (姬夷皋) adalah putra Ji Huan (姬驩).

Shi Hui (士会) mendapat perintah untuk pergi ke negara Qin (秦) menjemput Pangeran Ji Yong (姬雍). Namun dalam perjalanan pulang ke negara Jin, Shi Hui (士会) dan Ji Yong (姬雍) dihadang oleh pasukan negara Jin dari kubu lain.

Mengetahui bahwa Ji Yigao (姬夷皋) telah menjadi penguasa baru negara Jin, maka Shi Hui (士会) dan Ji Yong (姬雍) memutuskan untuk kembali ke negara Qin (秦). Shi Hui (士会) menetap di negara Qin (秦) dan kemudian mengubah nama marganya kembali menjadi nama marga leluhurnya, yaitu Liu (刘). Shi Hui (士会) kemudian dikenal sebagai Liu Hui (刘会) dan keturunannya mempergunakan nama marga Liu (刘).

Catatan lain mengenai asal usul marga Liu (刘) berasal dari masa Dinasti Zhou Timur. Zhou Kuang Wang (周匡王) menganugerahkan Kota Liu kepada salah seorang putranya, dan generasi selanjutnya mempergunakan Liu (刘) sebagai nama marga.

Terdapat juga beberapa asal usul marga Liu (刘) lainnya.

Selama masa Dinasti Han, nama marga Liu (刘) adalah nama marga para kaisar Dinasti Han. Klan Lou dan Han mendapat anugerah nama marga Liu (刘).

Selama masa Dinasti Wei Utara, suku Du Gu mengubah nama marga mereka menjadi Liu (刘).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Liu (刘) adalah:

  • Liu Bang (刘邦), pendiri Dinasti Han.
  • Liu Xin (刘歆), ahli astronomi dan sejarawan pada masa Dinasti Han Barat dan Dinasti Xin.
  • Liu Bei (刘备), pendiri negara Shu pada masa Tiga Negara.
  • Liu Ji (刘洎), pejabat tinggi pada masa Dinasti Tang.
  • Liu Yan (刘龑), pendiri Han Selatan pada masa Lima Dinasti dan Sepuluh Negara.
  • Liu Zhiyuan (刘知远), pendiri Han Kemudian pada masa Lima Dinasti dan Sepuluh Negara.
  • Liu Chong (刘崇), pendiri Han Utara pada masa Lima Dinasti dan Sepuluh Negara, dan adik Liu Zhiyuan (刘知远).
  • Liu Ji (刘基), yang dikenal sebagai Liu Bowen (刘伯温), ahli strategi militer dari Dinasti Ming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *