Asal Usul Marga Lin (林)

Asal Usul Marga Lin (林)

Nama marga: Lin
Pinyin: Lín
Hanzi (Simplified): 林
Hanzi (Traditional): 林
Penulisan lain:
– Lam (Kanton)
– Liem (Hakka, Hokkian & Teochiu)
– Lim (Hakka, Hokkian, Min Nan & Teochiu)
– Lum

Kaisar terakhir dari Dinasti Shang, Kaisar Zhou, adalah penguasa yang lalim, suka menyiksa dan membunuh orang-orang tidak bersalah.

Kaisar Zhou memiliki tiga paman, yaitu Bi Gan (juga dieja Pi Kan), Qi Zi, dan Wei Zi, yang dikenal sebagai “Tiga Pria Baik Shang”. Bi Gan, Qi Zi dan Wei Zi berusaha menasehati Kaisar Zhou tetapi tidak membawa hasil.

Wei Zi mengundurkan diri dan Qi Zi berpura-pura menjadi gila sehingga dimasukkan ke dalam penjara. Hanya Bi Gan yang tetap setia berada di sisi Kaisar Zhou untuk terus memberikan nasehat. Namun sayang nasehat-nasehat tersebut menyebabkan Kaisar Zhou menjadi murka sehingga Bi Gan dihukum mati.

Mengetahui hal tersebut, istri Bi Gan yang sedang mengandung langsung kabur ke dalam hutan menyelamatkan diri. Istri Bi Gan sadar bahwa hukuman mati terhadap sang suami akan menyebabkan seluruh keluarga dihukum mati juga.

Sang bayi lahir di hutan tanpa bantuan siapapun dan diberi nama Jian.

Tidak lama kemudian Dinasti Shang digulingkan oleh Jifa, kemudian menjadi Zhou Wu Wang (周武王) yang mendirikan Dinasti Zhou. Zhou Wu Wang mengetahui bahwa Bi Gan adalah seorang pejabat kerajaan yang jujur serta berani, dan istrinya melarikan diri untuk menyelamatkan nyawa. Segera Zhou Wu Wang memerintahkan untuk mencari istri dan anak Bi Gan.

Ketika ditemukan, status mereka dipulihkan kembali sebagai keluarga kerajaan dan anak Bi Gan mendapat anugerah nama keluarga Lin (yang berarti hutan), karena dia lahir di dalam hutan.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Lin (林) adalah:

  • Lin Zexu (林則徐), pejabat militer pada masa Dinasti Qing yang berusaha membasmi opium.
  • Lin Sang (林桑), atlet panahan dari Republik Rakyat Tiongkok.
  • Lin Dan (林丹), pemain bulutangkis profesional dari Tiongkok. Dua kali juara Olimpiade, juara dunia lima kali, dan lima kali juara All England.

One thought on “Asal Usul Marga Lin (林)

  1. Very happy to know about the history of my
    family name came from ! I am from MARGA LIEM. My Grandfather is from Hokian, Fu’jien.
    I am very very happy to get this website:
    tionghoa.com . So I can find everything about Tionghoa (CHINA). Thank you 1000x !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *