Asal Usul Marga Lian (连)

Asal Usul Marga Lian (连)

Nama marga: Lian
Pinyin: Lián
Hanzi (Simplified): 连
Hanzi (Traditional): 連
Penulisan lain:
– Lan
– Len
– Liam (Minnan)
– Lien
– Lin (Kanton)
– Ni (Minnan)

Pada masa Dinasti Zhou, Jiang Zhuer (姜诸儿) adalah penguasa Negara Qi (齐国). Jiang Zhuer (姜诸儿) bergelar Qi Xiang Gong (齐襄公), Adipati Xiang dari Qi. Negara Qi (齐国) adalah salah satu kekuatan utama pada masa Musim Semi dan Musim Gugur.

Negara Qi (齐国) menaklukkan Negara Ji (纪国).

Jiang Zhuer (姜诸儿) kemudian bersekutu dengan Negara Song (宋国), Negara Lu (鲁国), Negara Chen (陈国), dan Negara Cai (蔡国) menyerang Negara Wei (卫国).

Penguasa Negara Wei (卫国) yang bernama Ji Qianmou (姬黔牟), bergelar Wei Fei Gong (卫废公), melarikan diri ke Negara Qin (秦国). Jiang Zhuer (姜诸儿) memasang Ji Shou (姬朔) sebagai penguasa baru Negara Wei (卫国). Ji Shou (姬朔) adalah saudara Ji Qianmou (姬黔牟), dan bergelar Wei Hui Gong (卫惠公).

Zhou Zhuang Wang (周庄王) adalah penguasa pusat Dinasti Zhou pada masa itu. Marah karena tindakan Jiang Zhuer (姜诸儿), Zhou Zhuang Wang (周庄王) mengancam akan menghukum Negara Qi (齐国) dengan kekuatan militer.

Mengantisipasi serangan, Jiang Zhuer (姜诸儿) memerintahkan saudara iparnya yang bernama Lian Cheng (连称) untuk mempertahankan perbatasan negara di bagian barat. Lian Cheng (连称) juga merupakan jenderal pada Negara Qi (齐国).

Sebelum berangkat menuju pos perbatasan yang terpencil dan liar, Kuiqiu (葵丘), Jenderal Lian Cheng (连称) menanyakan masa tugasnya pada pos Kuiqiu (葵丘). Jiang Zhuer (姜诸儿) sedang makan melon pada saat itu, dan menjawab bahwa Jenderal Lian Cheng (连称) bertugas hingga melon matang pada tahun berikutnya.

Dengan mantap, pasukan Jenderal Lian Cheng (连称) bergerak menuju Kuiqiu (葵丘) dan menempati pos baru tersebut.

Waktu berlalu dengan cepat dan ternyata tidak ada tindakan militer yang dilancarkan penguasa pusat terhadap Negara Qi (齐国).

Jenderal Lian Cheng (连称) terus menunggu kabar, tetapi kabar baik tidak pernah datang. Kemudian Jenderal Lian Cheng (连称) mengirim utusan ke ibukota Negara Qi untuk mengingatkan Jiang Zhuer (姜诸儿) bahwa telah tiba waktunya bagi Jenderal Lian Cheng (连称) dan pasukannya untuk kembali.

Jiang Zhuer (姜诸儿) menolak permintaan tersebut dan mengatakan bahwa pasukan Jenderal Lian Cheng (连称) baru akan diganti pada tahun berikutnya.

Meskipun marah, Jenderal Lian Cheng (连称) tetap mematuhi perintah untuk terus berada di Kuiqiu (葵丘) hingga tahun berikutnya.

Jenderal Lian Cheng (连称) juga menerima kabar bahwa istri pertama Jiang Zhuer (姜诸儿) telah meninggal. Alih-alih menempatkan adik Jenderal Lian Cheng (连称) sebagai istri resmi, Jiang Zhuer (姜诸儿) menunjuk wanita lain.

Hal ini membuat kemarahan Jenderal Lian Cheng (连称) memuncak dan memutuskan agar Jiang Zhuer (姜诸儿) disingkirkan sebagai penguasa Negara Qi (齐国).

Rencana penggulingan kekuasaan dimatangkan oleh Jenderal Lian Cheng (连称) dan Jiang Wuzhi (姜无知), saudara sepupu Jiang Zhuer (姜诸儿).

Jiang Zhuer (姜诸儿) selalu mengina dan memandang rendah Jiang Wuzhi (姜无知) karena Jiang Wuzhi (姜无知) berulang kali ingin menggulingkan kekuasaan Jiang Zhuer (姜诸儿), tetapi tidak mendapat dukungan kekuatan militer.

Kesempatan yang ada tentu tidak disia-siakan Jiang Wuzhi (姜无知), dengan membentuk aliansi bersama Jenderal Lian Cheng (连称).

Olahraga kesukaan Jiang Zhuer (姜诸儿) adalah berburu, dan Jiang Zhuer (姜诸儿) mempunyai rencana untuk berburu di Beiqiu (贝丘), sebuah tempat yang tidak terlalu jauh dari Kuiqiu (葵丘).

Jiang Wuzhi (姜无知) diam-diam mengirimkan pesan tersebut kepada Jenderal Lian Cheng (连称), dan rencana penyergapan segera disusun.

Pada 686 SM, Jiang Zhuer (姜诸儿) pergi berburu ke Beiqiu (贝丘). Jenderal Lian Cheng (连称) menyergap Jiang Zhuer (姜诸儿).

Jiang Zhuer (姜诸儿) akhirnya meninggal karena tidak menghormati janjinya sendiri.

Jiang Wuzhi (姜无知) menjadi penguasa baru Negara Qi (齐国), dan Jenderal Lian Cheng (连称) mendapat kehormatan tinggi dari Negara Qi (齐国).

Keturunan Jenderal Lian Cheng (连称) kemudian mengadopsi Lian (连) menjadi nama marga sebagai pengingat atas Jenderal Lian Cheng (连称).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *