Asal Usul Marga Kong (孔)

Asal Usul Marga Kong (孔)

Nama marga: Kong
Pinyin: Kǒng
Hanzi (Simplified): 孔
Hanzi (Traditional): 孔
Penulisan lain:
– Hong
– Hung
– Kung

Pendiri Dinasti Shang adalah Cheng Tang (成汤). Zi (子) adalah nama keluarga Cheng Tang (成汤), sedangkan nama lahirnya Lu (履). Nama kehormatan Cheng Tang (成汤) adalah Tai Yi (太乙). Dikemudian hari keturunannya menggabungkan Zi (子) dan Yi (乙) membentuk Kong (孔), dan mereka mempergunakan Kong (孔) sebagai nama marga.

Zheng Kaofu adalah kepala menteri negara Song pada masa Musim Semi dan Musim Gugur. Zheng Kaofu memiliki anak laki-laki bernama Jia (嘉), yang memiliki nama kehormatan Kong Fu (孔父). Jia (嘉) terbunuh dalam pergolakan dan anaknya melarikan diri ke negara Lu. Untuk mengenang Kong Fu (孔父) keturunannya mempergunakan Kong (孔) sebagai nama marga. Setelah beberapa generasi, Kong Fu Zi (孔夫子) lahir.

Catatan lain menyatakan bahwa di negara Zheng pada masa Dinasti Zhou, dua anak Adipati Mu dari Zheng, Zheng Mu Gong (郑穆公), memiliki nama kehormatan Shikong (士孔) dan Zikong (子孔). Keturunan mereka mempergunakan Kong (孔) sebagai nama marga.

Di negara Chen terdapat seorang bangsawan bernama Kong Ning (孔宁), berasal dari nama marga Gui (妫). Dan di negara Qi terdapat bangsawan bernama Kong Hui (孔虺), yang berasal dari nama marga Jiang (姜). Keturunan mereka mengadopsi nama marga Kong (孔).

Beberapa etnis non-Han mengadopsi nama marga Kong (孔), misalnya etnis Derung / Dulong (独龙), Jingpo (景颇), Tibet (藏) dan Yugurs (裕固). Demikian pula beberapa klan Manchu menyederhanakan nama marga mereka menjadi Kong (孔).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Kong (孔) adalah:

  • Kong Fu Zi (孔夫子), yang dikenal juga sebagai Konfusius, filsuf besar pada Musim Semi dan Musim Gugur.
  • Kong Ji (孔伋), filsuf dan cucu Kong Fu Zi (孔夫子).
  • Kong Anguo (孔安国), sarjana Konfusius dan pejabat pada masa Dinasti Han Barat.
  • Kong Rong (孔融), politisi dan panglima perang pada masa Dinasti Han Timur.
  • Kong Yingda (孔颖达), sarjana Konfusius pada masa Dinasti Sui dan Dinasti Tang, dan dianggap sebagai salah satu sarjana Konfusius paling berpengaruh dalam sejarah Tiongkok.
  • Kong Shangren (孔尚任), penulis sandiwara pada masa Dinasti Qing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *