Asal Usul Marga Kang (康)

Asal Usul Marga Kang (康)

Nama marga: Kang
Pinyin: Kāng
Hanzi (Simplified): 康
Hanzi (Traditional): 康
Penulisan lain:
– Hong

Setelah Zhou Wu Wang (周武王) meruntuhkan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou, dia mengangkat salah seorang adiknya sebagai penguasa sebuah tempat yang bernama Kang (康). Sang adik kemudian dikenal sebagai Kang Shu (康叔).

Setelah Zhou Wu Wang (周武王) wafat, anak laki-laki tertuanya yaitu Ji Song (姬诵) naik takhta sebagai Zhou Cheng Wang (周成王). Karena Zhou Cheng Wang (周成王) masih terlalu muda, maka adik Zhou Wu Wang (周武王) yang bernama Ji Dan (姬旦) bertindak sebagai wali untuk membantu sang kaisar muda dalam mengurus negara. Ji Dan (姬旦) dikenal sebagai Adipati Zhou, Zhou Gong (周公).

Tiga adik Zhou Wu Wang (周武王), yaitu Cai Shu, Guan Shu dan Huo Shu menuduh Ji Dan (姬旦) ingin merebut takhta dan melancarkan pemberontakan.

Dengan bantuan dari saudara-saudara Zhou Wu Wang (周武王) lainnya dan anak-anaknya, Ji Dan (姬旦) berhasil memadamkan pemberontakan.

Ji Dan (姬旦) memberikan saran kepada Zhou Cheng Wang (周成王) agar membagi daerah-daerah yang sebelumnya adalah kekuasaan Cai Shu, Guan Shu dan Huo Shu menjadi 2 negara, yaitu Song (宋) dan Wei (卫).

Karena Kang Shu (康叔) membantu dalam memadamkan pemberontakan, maka Zhou Cheng Wang (周成王) memberikan gelar Hou (候) dan memindahkan Kang Shu (康叔) untuk memerintah negara Wei (卫).

Kang Shu (康叔) menjadi penguasa negara Wei (卫) hingga dia meninggal karena usia. Keturunannya mempergunakan Kang (康) sebagai nama marga.

Terdapat catatan lain mengenai asal-usul marga Kang (康). Rakyat Kang Ju (康居) yang hidup di Daerah Barat pindah ke Daratan Utama, Tiongkok, selama masa Dinasti Han dan keturunannya mempergunakan nama negeri mereka, Kang (康), sebagai nama marga.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Kang (康) adalah:

  • Kang Tai (康泰), pengelana terkenal dari negara Wu Timur pada masa Tiga Negara.
  • Kang Chengxun (康承训), adipati dan jenderal pada masa Dinasti Tang.
  • Kang Youwei (康有为), pemimpin reformasi pada masa Dinasti Qing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *