Asal Usul Marga Jia (贾)

Asal Usul Marga Jia (贾)

Nama marga: Jia
Pinyin: Jiǎ
Hanzi (Simplified): 贾
Hanzi (Traditional): 賈
Penulisan lain:
– Chia

Pada masa Dinasti Zhou, Zhou Kang Wang (周康王) memberikan anugerah untuk memerintah negara Jia (贾) kepada Ji Gongming (姬公明), putra dari Tang Shuyu (唐叔虞). Ji Gongming (姬公明) dikenal juga sebagai Jia Bo (贾伯).

Keturunan Ji Gongming (姬公明) menetap di negara Jia (贾) hingga masa Musim Semi dan Musim Gugur, ketika negara Jia (贾) dikalahkan oleh negara Jin (晋). Keturunan Ji Gongming (姬公明) kemudian menggunakan nama marga Jia (贾) untuk mengenang negara asal mereka. Sebagian besar keturunan Ji Gongming (姬公明) pindah ke berbagai tempat.

Pada saat Ji Huan (姬驩) menjadi penguasa dari negara Jin (晋), Hu Shegu (狐射姑), yang dikenal juga sebagai Ji Ta (季他), ditunjuk sebagai penguasa Jia (贾). Hu Shegu (狐射姑) adalah kerabat Ji Huan (姬驩) dan juga merupakan panglima perang pada negara Jin (晋). Hu Shegu (狐射姑) kemudian dikenal sebagai Jia Ji (贾季).

Zhao Dun (赵盾) adalah jenderal pada negara Jin (晋) dan merupakan asisten Jenderal Hu Shegu (狐射姑). Yang Chufu (阳处父) adalah penasehat pribadi Ji Huan (姬驩). Dihadapan Ji Huan (姬驩), Yang Chufu (阳处父) memutar balik fakta mengenai reputasi baik Hu Shegu (狐射姑). Sebagai akibatnya Zhao Dun (赵盾) diangkat sebagai panglima, sedangkan Hu Shegu (狐射姑) diturunkan pangkatnya sebagai asisten Zhao Dun (赵盾).

Ji Huan (姬驩) meninggal pada 621 SM dan anak laki-laki tertuanya masih kecil. Hu Shegu (狐射姑) menginginkan Ji Le (姬乐), Pangeran Le, adik laki-laki Ji Huan (姬驩), sebagai penguasa baru negara Jin (晋). Namun Zhao Dun (赵盾) menginginkan Ji Yong (姬雍), Pangeran Yong, adik laki-laki lain dari Ji Huan (姬驩), sebagai penguasa baru negara Jin (晋).

Perebutan kekuasaan terjadi di negara Jin (晋).

Akhirnya Zhao Dun (赵盾) mempekerjakan seorang pembunuh untuk membunuh Pangeran Le, Ji Le (姬乐). Hu Shegu (狐射姑) sangat marah. Untuk membalas dendam kematian Pangeran Le, Hu Shegu (狐射姑) membunuh Yang Chufu (阳处父) dan kemudian melarikan diri dari wilayahnya, Jia (贾), ke negara Di (狄).

Hu Shegu (狐射姑) mengadopsi nama negara Jia (贾) sebagai nama keluarga, untuk mengingat wilayah yang ditinggalkannya itu. Hu Shegu (狐射姑) mulai menggunakan nama alias dan dipanggil sebagai Jia Da (贾达). Keturunan Jia Da (贾达) terus mempergunakan Jia (贾) sebagai nama marga.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Jia (贾) adalah:

  • Jia Yi (贾谊), pejabat kerajaan dan penulis pada masa Dinasti Han Barat.
  • Jia Xu (贾诩), penasehat Cao Cao (曹操) pada masa akhir Dinasti Han Timur.
  • Jia Dao (贾岛), penyair pada masa Dinasti Tang.
  • Jia Dan (贾耽), orang terpelajar dan pejabat pada masa Dinasti Tang.
  • Jia Xuan (贾铉), orang terpelajar pada masa Dinasti Jin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *