Lu Ban (鲁班) : Perajin Paling Terkenal Dalam Sejarah

Spread the love

Patung Lu Ban (鲁班) Di Weifang (潍坊) - 1000x1500

Patung Lu Ban (鲁班) Di Weifang (潍坊)

Lu Ban (Simplified: 鲁班, Tradisional: 魯班, Pinyin: Lǔ Bān) adalah seorang tukang kayu, insinyur, filsuf, penemu, ahli militer, dan negarawan yang berasal dari Negara Lu (鲁国).

Lǔ Bān dilahirkan dalam keluarga terkenal selama Periode Musim Semi dan Gugur, masa ketika Tiongkok sedang dalam masa susah akibat kekacauan perang sipil antar kerajaan. Nama aslinya adalah Gongshu Yizhi (Simplified: 公輸依智, Traditional: 公輸依智, Pinyin: Gōngshū Yīzhì). Dia juga dikenal sebagai Gongshu Ban (Simplified: 公輸班, Traditional: 公輸班, Pinyin: Gōngshū Bān), dan Gongshu Pan (Simplified: 公輸盘, Traditional: 公輸盘, Pinyin: Gōngshū Pán). Tetapi paling dikenal sebagai Lǔ Bān.

Awalnya Lǔ Bān adalah murid yang acuh tak acuh sampai kecintaannya pada belajar dinyalakan oleh cendekiawan Zi Xia (Hanzi: 子夏, Pinyin: Zi Xià). Lǔ Bān kemudian belajar pertukangan kayu dari Bao Laodong. Permintaan yang besar untuk karyanya memaksa Lǔ Bān untuk menciptakan atau memperbaiki beberapa alat tukang kayu, misalnya gergaji, bujur sangkar, planer, bor, sekop, dan alat penanda tinta, agar dapat menyelesaikan banyak proyeknya dengan lebih cepat.

Lǔ Bān berjasa untuk beberapa penemuan seperti yang tercatat:

  • Tangga awan – tangga pengepungan yang dapat digerakkan dan diseimbangkan.
  • Jepitan kait dan pemukul – peralatan untuk perang angkatan laut.
  • Pesawat layang yang terbuat dari kayu – Pesawat layang yang terbuat dari kayu tanpa tenaga mesin. Dapat melayang di udara selama tiga hari, dan terkait dengan pembuatan layangan kuno.
  • Gergaji – ketika Lǔ Bān sedang memegang batang pohon untuk mendaki lereng curam sambil mengumpulkan kayu bakar, tangannya dipotong oleh daun dengan tekstur berduri. Lǔ Bān kemudian menyadari bahwa dia bisa mengubah tekstur daun menjadi alat yang lebih efisien untuk menebang pohon, yaitu gergaji.

Masih ada juga penemuan Lǔ Bān yang amat berkontribusi lainnya, seperti alat untuk penguburan, kereta kayu yang memakai tenaga kuda dan kusir, dan beberapa penemuan berbahan kayu lainnya yang dapat dilihat dari berbagai teks yang pada masa selanjutnya membuat Lǔ Bān dikenal sebagai seorang empu:

  • Kitab Garis Keturunan (世本), ditulis pada sekitar abad ke-3 SM.
  • Kisah yang Menakjubkan (述异记), ditulis pada sekitar abad ke-5 oleh Ren Fang.
  • Dokumen Asli Warisan dan Negeri (事物纪原), ditulis pada sekitar abad 11 oleh Gao Cheng.
  • Asal-Usul Penemuan (物原), ditulis pada sekitar abad 15 oleh Luo Qi.
  • Risalah Lu Ban (鲁班经), sebuah teks dikaitkan dengan Lu Ban ditulis antara abad 13-15.

Sejak 1987, “Penghargaan Lu Ban” juga dianugerahkan sebagai penghargaan tertinggi bidang konstruksi di Tiongkok. Sebuah monumen didirikan untuk mengenangnya di Kota Weifang (Dikenal sebagai kota layang-layang), berupa patung Lu Ban setinggi 7.8 meter.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =