Dewa Kekayaan Cai Shen Ye (财神爷)

Spread the love

Dewa Kekayaan Cai Shen Ye (财神爷)

Dewa Kekayaan Cai Shen Ye (财神爷)

Cai Shen (Traditional: 財神, Simplified: 财神) atau Cai Shen Ye (Traditional:財神爺, Simplified: 财神爷) adalah dewa kekayaan, harta, atau rezeki. Beberapa sebutan Cai Shen Ye dalam dialek lokal: Hokkien: Tsâi-sîn, Khek: Choy Sin, Hokkien: Cai Sin Ya.

Dewa Kekayaan sangat banyak macamnya, yang mana secara umum dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Sipil atau Wen Cai Shen (文財神)
2. Militer atau Wu Cai Shen (武財神)

Angpao dengan Gambar Dewa Kekayaan Cai Shen Ye (财神爷)

Angpao dengan Gambar Dewa Kekayaan Cai Shen Ye (财神爷)

Cai Bo Xing Jun (财帛星君)

Cai Bo Xing Jun (财帛星君), yang disebut juga Zheng Fu Xian Gong (增福相公) atau Zheng Fu Cai Shen (增福财神) adalah Cai Shen yang paling sering dimunculkan dalam bentuk patung-patung atau gambar. Nama aslinya adalah Li Gui Zu (李诡祖), ia lahir di Distrik Zichuan (淄川人), Provinsi Shandong, Tiongkok pada tanggal 17 bulan 9 Imlek.

Li Gui Zu menjadi menteri pada pemerintahan Kaisar Xiaowen dari masa Wei Utara. Ia memiliki jasa besar kepada masyarakat, seperti mengeruk sungai, mengontrol kadar garam dalam air, bahkan memberikan gajinya untuk menolong orang miskin. Ia dicintai masyarakat banyak sehingga orang-orang membangun kuil untuknya setelah ia mangkat. Kebaikan-kebaikannya banyak tercatat sehingga ia dianugerahi berbagai gelar oleh para pejabat yang berikutnya:
– Kaisar Wu De dari Dinasti Tang menganugerahi gelar Cai Bo Xing Jun (财帛星君) yang berarti Dewa Kemakmuran, pada tahun pemerintahannya yang kedua.
– Kaisar Ming Zong dari Dinasti Tang menganugerahi gelar Shen Jun Zheng Fu Xiang Gong (神君增福相公) yang berarti Dewa Berkah Meningkat.
– Pada Dinasti Yuan, ia dianugerahi gelar Fu Shan Ping Shi Gong (福善平施公).

Dikatakan bahwa dirinya sebenarnya adalah utusan Yu Huang Da Di, yaitu Tàibái jīnxīng (太白金星) yang dikirim ke dunia untuk menolong umat manusia. Di surga, tugasnya adalah mengatur harta kekayaan di dunia maupun di dunia (都天致富财帛星君). Festivalnya dirayakan setiap tanggal 22 bulan 7 Imlek. Cai Bo Xing Jun digolongkan sebagai Dewa Harta Sipil.

Wen Chang Di Jun (文昌帝君)

Wen Chang Di Jun (文昌帝君), dalam dialek Hokkien disebut Bun Jiang Te Kun, menjelma ke dunia 17 kali dan semuanya sebagai pejabat tinggi yang berpangkat Shi Dai Fu. Ia suka menolong orang yang sedang dirundung kesusahan, memaafkan kesalahan dan sayang pada anak-anak yatim piatu. Wen Chang Di Jun mempunyai baskom yang berisi bermacam benda berharga. Di atas baskom itu berdiri seorang anak lelaki yang disebut Yun Cao Tong Zi atau “Anak Penyalur Kekayaan”, yang menggenggam emas di tangan kanannya, kakinya menginjak tumpukan bunga karang (bunga karang dalam Bahasa Tionghoa adalah Sanhu, termasuk salah satu benda berharga di masa lalu).

Wen Chang Di Jun ditampilkan sebagai seorang menteri keuangan negara yang berwajah putih dan berjenggot hitam panjang, kepalanya memakai topi yang bertelinga panjang, bajunya merah bersulam, tangannya menggenggam “Ru Yi”, hiasan yang berbentuk jamur dan dianggap mengandung kekuatan gaib, dan wajahnya ramah dan memancarkan sinar kegembiraan. Seringkali Wen Chang Di Jun disebut sebagai Cao Bo Xing Jun atau Dewa Bintang yang menguasai kekayaan dan sandang.

Zhao Gong Ming (赵公明)

Dewa Kabar Baik Zhao Gong Ming (赵公明)

Dewa Kabar Baik Zhao Gong Ming (赵公明)

Zhao Gong Ming (赵公明), dalam dialek Hokkien disebut Tio Kong Beng, adalah salah satu Cai Shen yang sering tampil pada setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Zhao Gong Ming (赵公明) juga disebut “Dewa Kabar Baik” karena dapat memberikan kebahagiaan pada orang-orang. Zhao Gong Ming selalu membantu semua manusia berbudi luhur dan rajin yang sedang mengalami kesulitan sehingga menjadi berbahagia. Itulah sebabnya dirinya disebut Dewa Rejeki.

Sebagai Dewa Harta Militer, Zhao Gong Ming sering ditampilkan sebagai seorang panglima perang dengan pakaian perang lengkap, satu tangan menggenggam ruyung dan tangan yang lain membawa sebongkah emas, dan mengendarai seekor harimau hitam. Perayaan hari raya untuknya adalah setiap tanggal 15 bulan 3 penanggalan Imlek.

Wu Lu Cai Shen (五路財神)

Wu Lu Cai Shen (五路財神), dalam dialek Hokkien disebut Ngo Lo Cai Sin, adalah Dewa Harta dari Lima Jalan atau Dewa Harta Lima Penjuru. Zhao Gong Ming (赵公明) bergelar Jin Long Ru Yi Zheng Yi Long Hu Xuan Tan Zhen Jun yang secara singkat disebut Zheng Yi Xuan Tan Zhen Jun (正一玄壇真君).

Zhao Gong Ming mempunyai empat pengiring yang disebut Cai Shen Shi Zi (財神使者), Duta Dewa Kekayaan. Zhao Gong Ming bersama keempat pengiringnya itu sering ditampilkan secara bersama-sama dalam bentuk gambar dan disebut Wu Lu Cai Shen.

Keempatnya adalah:
1. Zhao Bao Tian Zun Xiao Sheng (招寳天尊蕭升), Malaikat Pemanggil Mustika. Zhao Bao Tian Zun Xiao Sheng adalah Dewa Harta Timur.
2. Na Zhen Tian Zun Zen Bao (納珍天尊震寳), Malaikat Pemungut Benda Berharga. Na Zhen Tian Zun Zen Bao adalah Dewa Harta Barat.
3. Hao Chai Shi Zhe Chen Jiu Gong (招財使者陳九公), Duta Pemanggil Kekayaan. Hao Chai Shi Zhe Chen Jiu Gong adalah Dewa Harta Selatan.
4. Li Shi Xian Guan Yao Shao Si (利市仙官姚少司), Pejabat Dewa Keuntungan. Li Shi Xian Guan Yao Shao Si adalah Dewa Harta Utara.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.