Dewa Bumi Fu De Zheng Shen (福德正神)

Spread the love

Dewa Bumi Fu De Zheng Shen (福德正神)

Dewa Bumi Fu De Zheng Shen (福德正神)

Fu De Zheng Shen (福德正神), dalam dialek Hokkian disebut Hok Tek Cin Sin, adalah Dewa Bumi yang secara umum disebut pula sebagai Tu Di Gong (土地公), Hokkian: Tho Tek Kong, Tua Pek Kong atau Toa Pe Kong (大伯公), Hakka: Thai phak koong, Hokkien: Tuā-peh-kong.

Ada sebuah versi yang mengatakan bahwa Fu De Zheng Shen adalah Zhang Fu De (張福德), Hokkian: Thio Hok Tek, seseorang yang pernah hidup di zaman Dinasti Zhou pada masa Kaisar Zhou Wu Wang. Zhang Fu De lahir pada tahun 1134 SM, sejak kecil telah menunjukkan bakat sebagai orang pandai dan berhati mulia. Pada saat berumur 7 tahun, Beliau telah belajar ilmu sastra Tionghoa kuno, lincah, pintar, taat perintah orang tua, jujur, senang menolong fakir miskin, dan ramah dalam pergaulan.

Saat berusia 36 tahun, Beliau memangku jabatan sebagai Menteri Perpajakan Kerajaan. Dalam menjalankan tugasnya, Beliau selalu bertindak bijaksana tidak memberatkan rakyat. Beliau selalu menolong yang miskin sehingga rakyat sangat mencintainya. Beliau wafat pada usia 102 tahun. Jabatannya digantikan oleh Wei Chao, seorang yang tamak dan kejam. Rakyat sangat menderita karena Wei Chao tidak mengenal kasihan dalam menarik pajak. Karena derita yang tidak tertahankan, rakyat banyak yang pergi meninggalkan kampung halamannya, sehingga sawah ladang banyak yang terbengkalai. Dalam hati mereka amat mendambakan seorang bijaksana seperti Zhang Fu De (張福德) yang telah wafat itu. Lalu mereka memuja Zhang Fu De (張福德) sebagai tempat memohon perlindungan. Dari nama Zhang Fu De (張福德) inilah kemudian muncul gelar Fu De Zheng Shen (福德正神) yang dianggap sebagai Dewa Bumi.

Pada masa Tiongkok kuno, hanya para keluarga kerajaan dan pejabat pemerintah yang diperbolehkan untuk membangun kuil pemujaan kepada tatanan para Dewata. Masyarakat awam tidak diperbolehkan untuk berdoa di sana. Namun, masyarakat menemukan cara untuk bersembahyang kepada Tu Di Gong (土地公), masyarakat yang kebanyakan merupakan petani atau penggarap sawah yang kurang mampu itu membuat papan dari tanah liat kemudian meletakkan di tanah sebagai media untuk berdoa. Itulah sebabnya altar untuk Tu Di Gong (土地公) diletakkan di atas tanah, sementara altar untuk Fu De Zheng Shen (福德正神) diletakkan di atas meja altar

Dijaman saat ini yang sangat maju dan lebih rasional, maka sudah bukan jamannya lagi menaruh altar Tu Di Gong (土地公) di lantai atau tanah, karena sama saja dengan merendahkan Dewa Bumi. Dewa Bumi adalah jabatan, tetapi beliau tetap sejajar dengan Dewa-Dewa lainnya, maka pemujaannya haruslah tetap disejajarkan di atas meja altar sembahyang.

Versi lain menyebutkan Fu De Zheng Shen (福德正神), asalnya dari kota Xiang Yang dan bernama Liu Ce Jang, sejak lahir rambutnya putih dan mukanya merah, pemujanya juga banyak, dan kebanyakan meminta rejeki dan bahagia.

Tu Di Gong (土地公) dan Fu De Zheng Shen (福德正神) adalah satu Dewa. Tu Di Gong (土地公) adalah jabatannya, Fu De (福德) adalah nama aslinya, Zheng Shen (正神) adalah gelarnya.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.