Asal Usul Marga Zheng (郑)

Spread the love

Asal Usul Marga Zheng (郑)

Nama marga: Zheng
Pinyin: Zhèng
Hanzi (Simplified): 郑
Hanzi (Traditional): 鄭
Penulisan lain:
– Chang
– Cheang
– Cheng
– Dang
– Dhang
– Tay (Hokkian & Teochiu)
– Tee (Hokkian & Teochiu)
– Teh (Hokkian & Teochiu)
– The (Hokkian & Teochiu)

Pada masa Dinasti Zhou Barat, Raja Xuan (Hanzi: 周宣王, Pinyin: Zhōu Xuān Wáng) memberikan Negara Zheng (郑国) kepada saudara laki-lakinya, Ji You (姬友), yang kemudian dikenal sebagai Adipati Huan dari Zheng (Simplified: 郑桓公, Traditional: 鄭桓公, Pinyin: Zhèng Huán Gōng).

Pada masa pemerintahan Raja You (Hanzi: 周幽王, Pinyin: Zhōu Yōu Wáng), Dinasti Zhou Barat di ambang kehancuran, sehingga Adipati Huan meminta nasihat dari Taishi Bo (太史伯), seorang sejarawan kerajaan, tentang pendapatnya untuk merelokasi negara Zheng.

Adipati Huan menyatakan bahwa dia ingin memindahkan negara ke barat atau ke Lembah Sungai Yangtze. Taishi Bo menunjukkan bahwa mendirikan sebuah negara di barat tidak akan bertahan lama karena orang-orang di barat tamak dan serakah, dan bahwa mendirikan sebuah negara di Lembah Sungai Yangtze tidak akan menguntungkan karena negara bagian Chu berkembang di wilayah itu.

Adipati Huan mendengarkan nasihat Taishi Bo untuk memindahkan negara Zheng ke timur Luoyang, selatan Sungai Kuning (Hanzi: 黃河, Pinyin: Huáng Hé) dan Sungai Ji (Hanzi: 濟水, Pinyin: Jì Shuǐ), dan menamakannya Xin Zheng (Simplified: 新郑, Traditional: 新鄭, Pinyin: Xīn Zhèng), Zheng Baru.

Adipati Huan terbunuh bersama dengan Raja You ketika suku Quanrong menjarah ibu kota Zhou, Haojing. Adipati Huan digantikan oleh putranya Adipati Wu, yang membantu Raja Ping dari Zhou (Hanzi: 周平王, Pinyin: Zhōu Píng Wáng) mendirikan Dinasti Zhou Timur di Luoyang.

Negara Zheng dihancurkan oleh Negara Han (韩国), tetapi para keturunannya tetap menggunakan nama negara sebagai nama marga, Zhèng (郑).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Zhèng (郑) adalah:

  • Zheng He (郑和), ahli navigasi pada masa Dinasti Ming.
  • Zheng Chenggong (郑成功), pemimpin milter Dinasti Ming yang merebut kembali Taiwan dari tangan Belanda.
  • Zheng Banqiao (郑板桥), ahli kaligrafi pada masa Dinasti Qing.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =