Asal Usul Marga Wang (王)

Asal Usul Marga Wang (王)

Nama marga: Wang
Pinyin: Wáng
Hanzi (Simplified): 王
Hanzi (Traditional): 王
Penulisan lain:
– Bong (Hokkian)
– Heng (Teochiu)
– Ong (Hokkian & Teochiu)
– Wong (Hakka & Kanton)

Nenek moyang marga Wang (王) adalah keturunan keluarga kerajaan dari masa Dinasti Shang dan Zhou. Oleh karena itu, orang-orang menyebut mereka “Wang Jia (王家)”, yang berarti keluarga kerajaan. Keturunan mereka kemudian mempergunakan Wang (王) sebagai nama marga.

Ji Jin adalah Putra Mahkota dari Zhou Ling Wang (周灵王) dari Dinasti Zhou Timur. Karena memberikan nasihat yang jujur kepada Zhou Ling Wang, yang mana nasihat itu tidak disukai Zhou Ling Wang, maka Ji Jin diturunkan menjadi rakyat biasa, dan akhirnya meninggal karena depresi.

Melihat situasi tersebut, anak Ji Jin yang bernama Zong Jin, mengundurkan diri dan membawa keluarganya pindah ke Taiyuan.

Karena Zong Jin adalah keturunan keluarga kerajaan, maka penduduk setempat menyebut mereka sebagai Wang Jia (王家). Keturunan mereka mempergunakan Wang (王) sebagai nama marga.

Memasuki masa Dinasti Qin dan Dinasti Han, keturunan-keturunan Pangeran Jin mengintegerasikan nama marga Wang (王) berdasarkan latar belakang budaya. Itulah asal utama dari nama marga Wang (王).

Asal usul lain adalah berasal dari keturunan Zhou Wen Wang dan Zhou Wu Wang dari Dinasti Zhou yang melarikan diri demi menyelamatkan nyawa dikarenakan adanya pergolakan pada saat pergantian Dinasti. Agar generasi berikutnya tetap mengingat asal usul mereka, maka mereka mempergunakan nama marga Wang (王).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Wang (王) adalah:

  • Wang Jian (王翦), jenderal Negara Qin pada masa Negara-Negara Berperang.
  • Wang Jian (王鉴), pelukis terkenal pada masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing.
  • Wang Fu (王绂), pelukis pada masa Dinasti Ming.
  • Wang Anshi (王安石), perdana menteri pada masa Dinasti Song Utara.
  • Wang Zhaojun (王昭君), salah satu dari “Empat Kecantikan Tiongkok”.
  • Wang Chongyang (王重阳), pendeta Tao pada masa Dinasti Song dan pendiri Tao aliran Quanzhen (全真).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *